25 radar bogor

DPRD Jabar Desak Gubernur Realisasikan Jalur Khusus Tambang

Jalur tambang yang kerap dilalui kendaraan-kendaraan besar di Kecamatan Rumpin. Proyek pembangunan jalan dari provinsi Jabar diperkirakan bakal molor lagi. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

RUMPIN-RADAR BOGOR, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Achmad Ruy’at mendesak Gubernur Jawa Barat untuk segera merealisasikan pembangunan Jalur Khusus Tambang di Kabupaten Bogor.


Di akhir masa jabatan gubernur, Ridwan Kamil diminta untuk menuntaskan janji politiknya dalam membangun jalan tersebut.

“Terkait dengan jalur khusus tambang yang direncanakan akan ground breaking, kami mendesak saudara gubernur dengan kewenangannya untuk segera menindaklanjuti agar janji gubernur di dalam proses politik Pilgub dulu itu dipenuhi,” ucapnya kepada Radar Bogor, Minggu (12/3).

Menurutnya, itu menyangkut pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah utara Kabupaten Bogor. Selama ini warga mengeluhkan kondisi jalan yang mudah rusak, serta risiko kecelakaan tinggi akibat aktivitas pertambangan.

“Dan memang harus ada jalur khusus kendaraan dengan tonase yang sangat berat di wilayah Rumpin, Parungpanjang dan sekitarnya,” jelas Achmad Ruy’at.

Untuk itu, sebagai pimpinan DPRD Jabar, dirinya mendesak gubernur untuk segera merealisasikan hal tersebut.

“Jadi kami sebagai pimpinan DPRD Jawa Barat mendesak Gubernur untuk dapat memenuhi janji kampanye, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat terkait dengan transportasi,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin sebenarnya mengklaim sudah ada lampu hijau dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk kelanjutan pembangunan jalur khusus tambang.

Meski begitu, ia juga mengakui harus mengulur target ground breaking dalam pembangunan jalan tersebut.


“Rencana targetnya mundur sedikit, tapi setelah penyelesaian administrasi dilengkapi kalau dilihat-lihat habis lebaran 2023,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto