25 radar bogor

Segini Kekayaan Kepala Kantor Bea dan Cukai Bogor, Ada Honda Astrea

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bogor, Amin Tri Sobri. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi sorotan usai viral sejumlah pejabatnya yang memiliki kekayaan fantastis. Imbasnya, semua Kepala Kantor Bea dan Cukai di seluruh wilayah Indonesia dipanggil ke Jakarta.


Terbaru, Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono mengundang perhatian publik. Harta kekayaannya Rp13,7 miliar pun “ditelanjangi” warganet. Bahkan, sebagian besar dianggap tak wajar.

Ia dan keluarganya kerap memamerkan gaya hidup mewah. Salah satunya yang menjadi sorotan setelah rumah mewahnya di Cibubur, Jakarta Timur viral di media sosial.

Lantas, bagaimana dengan Kepala Kantor Bea dan Cukai Bogor, Amin Tri Sobri?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tertanggal 11 Februari 2022 Periodik 2021, Amin Tri Sobri tercatat memiliki harta Rp3 miliar.

Rinciannya yakni tanah dan bangunan senilai Rp1,9 miliar. Salah satunya berada di Kabupaten dan Kota Bogor senilai Rp275 juta.

Selain itu, kekayaan itu juga termasuk alat transportasi dan mesin senilai Rp271 juta, yang terdiri dari motor Honda Astrea, Minerva, Kawasaki, dan satu mobil Chevrolet Trax tahun 2018 seharga Rp240 juta.

Sisanya, harta bergerak lainnya Rp99 juta, kas Rp734 juta, dan harta lainnya Rp73 juta.

Sebelumnya, sejumlah pejabat Kemenkeu ramai dihujat masyarakat Indonesia. Lantaran kerap memamerkan hidup mewahnya. Di antaranya Rafael Alun Trisambodo, Eko Darmanto, Andhi Pramono yang memiliki kekayaan jumbo.


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat menyebut pergerakan uang mencurigakan senilai Rp300 triliun di Kemenkeu. (*)

Editor: Imam Rahmanto