25 radar bogor

Biar Warganya Suka Makan Ikan, Begini Langkah Awal Kota Bogor

Penandatanganan MoU yang berlangsung di KPPN Bogor, Keamatan Bogor Tengah, Jumat (10/3). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bogor Kementerian Keuangan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor bekerja sama menggelar gebyar UMKM produk ikan setiap bulan.

Baca Juga: Eka Hospital Cibubur Gelar Seminar Keilmuan Diabetes Melitus

Kerja sama tersebut disepakati dalam penandatanganan MoU yang berlangsung di KPPN Bogor, Bogor Tengah, Jumat (10/3).

Kepala Kantor KPPN Bogor, Judika Sirait menjelaskan kerja sama bertujuan untuk mendorong pemberdayaan UMKM sekaligus menurunkan angka stunting di Kota Bogor.

“Program ini diisi dengan senam pagi yang diikuti oleh 300 orang lalu dilanjutkan dengan bazar UMKM produk-produk di bidang perikanan. Dengan begitu, laju Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bisa semakin dikenal,” tuturnya.

Ia berharap, produk olahan ikan yang dikonsumsi masyarakat bisa mengurangi angka stunting, meningkatkan kesehatan ibu hamil, anak, dan masyarakat secara umum.

“Untuk sementara, program ini dilakukan satu bulan sekali di KPPN. Inovasi ini akan dikembangkan dan bertambah frekuensinya jika animo pesertanya mendukung,” imbuh Judika.

Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menggelorakan program Gemarikan agar masyarakat bisa mendapat asupan makanan bergizi.

“Tingkat kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan saat ini masih rendah. Maka dari itu kami ingin membudayakan konsumsi ikan yang memiliki gizi tinggi agar warga Kota Bogor bisa sehat jasmani dan rohani,” terang Chusnul.

Berbagai upaya pemberian bantuan pada peternak ikan juga digencarkan pihaknya untuk menstimulus semakin banyaknya olahan ikan yang bisa dikonsumsi masyarakat. Kerja sama yang dibangunnya akan didorong bukan hanya di lingkungan Kantor KPPN sehingga efeknya dapat dirasakan secara luas.

Baca Juga: Pelaku Pembacokan Pelajar SMK di Kota Bogor Terekam CCTV

“UMKM produk ikan memiliki potensi yang baik. Mereka bisa bertahan meski di kondisi pandemi. Oleh karena itu upaya pemberdayaan dan peningkatan inovasi mesti digencarkan agar lebih eksis dibandingkan junk food,” ucap dia. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto