25 radar bogor

Soal Keluhan Korban Longsor Gang Barjo, Bima Janji Bakal Lakukan Ini

Gang Barjo
Keluarga korban longsor Gang Barjo. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Nasib status tanah dan rumah korban longsor di Gang Barjo yang masih belum jelas, mulai mendapat perhatian.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan akan menengok kondisi para korban longsor Gang Barjo untuk menentukan solusi yang akan diberikan. “Saya akan cek lagi kondisinya seperti apa. Kami akan lihat dan identifikasi persoalannya,” tuturnya kepada Radar Bogor, Kamis (9/3/2023).

Dirinya akan mempertimbangkan sejumlah solusi, seperti memberikan fasilitas sewa tempat tinggal atau relokasi seperti yang disarankan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy serta Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Avatar

Baca Juga:

Lahan Eks Bencana Longsor di Gang Barjo Bakal Dibebaskan Pemkot Bogor

“Untuk tempat tinggal, sudah pasti akan kami fasilitasi ada masa waktu. kami sewakan tempat atau rumah. Namun kalau memang tidak bisa dibangun di situ, mau tidak mau harus direlokasi. Ini arahan menteri agar wilayah yang beresiko tidak dibangun lagi,” tuturnya.

Dirinya menekankan, akan memeriksa terlebih dahulu lokasi bekas longsor di Gang Barjo tersebut, dan kemudian akan berkomunikasi kembali dengan para menteri untuk mempertimbangkan solusinya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengatakan, belum dapat menyebutkan secara gamblang rencana yang akan diterapkan pihaknya.

Esti, sapaan akrabnya, menerangkan untuk sementara Disperumkim akan menata kawasan bekas longsor di Gang Barjo menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Akan ada solusi landbanking melalui mekanisme pembebasan sekira 3-4 rumah. Kami sedang membuat Feasibility Study (FS) dulu terkait dengan pembelian land banking lahan dan pemetaannya,” jelas Esti. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep