25 radar bogor

Keuntungan dan Kerugian Melunasi Cicilan KTA Sebelum Jatuh Tempo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bila kamu mengajukan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan,red), maka kamu harus mencicil pinjaman tersebut dengan tepat waktu hingga jatuh tempo.

Dengan begitu, pinjamanmu akan dinilai lancar dan juga memberi nilai yang bagus pada BI checking. Di samping itu, sebagian orang ingin segera melunasi cicilannya sebelum jatuh tempo karena berbagi alasan.

Nah kira-kira apakah hal tersebut bisa terjadi, ya? Dan apakah ada dampak bagi peminjam? Simak ulasan di bawah ini sebelum kamu memutuskan untuk segera melunasi cicilanmu sebelum tenor.

Avatar

*Melunasi Pinjaman KTA Sebelum Tenor

Ketika kamu mengajukan KTA ke debitur, pihak debitur akan memberikan jatuh tempo atau tenor sebagai jangka waktu untuk melunasi cicilan. Sebagian debitur akan memberimu kebebasan untuk mengatur jatuh tempomu sendiri.

Dengan begitu, sistem akan secara otomatis mengatur waktu tersebut sehingga harus ditepati. Nah kembali ke pertanyaan di atas, apakah peminjam bisa melunasi cicilan lebih cepat dari tenor? Jawabannya, kamu bisa saja menyelesaikan cicilanmu sebelum masa tenor. Akan tetapi, biasanya debitur memiliki ketentuan mengenai cicilan yang dilunasi lebih cepat dari jatuh tempo.

Ketentuan tersebut berupa denda jika kamu melunasi lebih cepat. Istilah yang dipakai oleh masing-masing bank bisa berbeda satu sama lain. Besaran denda tersebut juga tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Namun pada umumnya, denda yang ditetapkan bank membuatmu membayar lebih banyak ketika ingin melunasi lebih cepat daripada saat kamu melunasi cicilan sesuai jatuh tempo.

Untuk lebih jelasnya, kamu harus membaca atau menanyakan semua ketentuan mengenai KTA yang kamu ajukan ke bank dengan teliti. Bila perlu, lakukan simulasi perhitungan dulu sebelum kamu memutuskan untuk melunasi cicilan lebih cepat, sehingga kamu pun bisa semakin yakin untuk meminimalisir kerugianmu.

*Tips Melunasi KTA Sesuai Tenor yang Sudah Disepakati

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa lebih baik kamu melunasi cicilan KTA sesuai jatuh tempo yang sudah disepakati sebelumnya agar terhindar dari kerugian. Nah agar cicilanmu tetap lancar sampai tenor, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

● Perhatikan Kebutuhan Mengajukan

KTA memang menggiurkan, apalagi pinjaman jenis ini biasanya memiliki syarat dan akses yang mudah serta cepat dilakukan. Selain itu, tentu kamu tidak butuh mencari aset apapun sebagai jaminan. Namun kamu juga perlu memperhatikan bahwa kamu perlu memprioritaskan KTA untuk memenuhi kebutuhanmu terlebih dahulu. Boleh saja kalau kamu punya tujuan lain dalam meminjam KTA, namun pastikan kebutuhan sehari-harimu sudah tercukupi terlebih dahulu.

● Pastikan Kondisi Keuangan Mencukupi

Memang kalau KTA-mu cair, maka kamu bisa memperoleh sejumlah dana dengan cepat. Namun jangan lupa kalau kamu juga mempunyai kewajiban untuk membayar cicilannya tiap bulan. Itulah mengapa kamu harus memastikan bahwa keuanganmu sedang dalam kondisi prima sehingga kamu tidak kesulitan saat membayarnya. Selain itu, isilah juga data-data yang diminta oleh bank sehingga mereka tahu terkait kondisi keuanganmu dan bisa mempertimbangkan yang terbaik bagi kedua belah pihak.

● Pilih KTA dengan Bunga Rendah

Salah satu ciri pinjaman KTA terbaik adalah memiliki suku bunga yang rendah setiap bulannya. Dengan begitu, jumlah bunga yang harus kamu bayar bersama cicilan pun tak terlalu banyak sehingga bisa menghemat pengeluaran. Oleh sebab itu, carilah informasi mengenai KTA dengan bunga rendah dari berbagai bank. Bandingkan bank-bank tersebut sehingga kamu bisa memperoleh bunga yang paling rendah.

● Pertimbangkan Tenor

Selain suku bunga cicilan, kamu juga perlu mempertimbangkan tenor. Semakin pendek tenor maka semakin besar cicilan yang perlu kamu bayar. Sebaliknya, semakin panjang tenor maka semakin kecil pula cicilannya. Kalau kamu ingin cicilanmu cepat selesai dan khawatir akan kondisi keuanganmu nantinya, maka kamu bisa memilih tenor yang singkat. Namun kalau kamu mempunyai pertimbangan tertentu, kamu bisa memilih tenor yang lebih panjang. Hal yang terpenting adalah kamu bisa menepatinya sampai waktu tenor tersebut.

● Pastikan Cara Pembayarannya Mudah

Biasanya pihak debitur akan memberimu berbagai cara pembayaran yang mudah. Cara pembayaran ini pun beragam, mulai dari m-banking hingga membayar secara tunai melalui teller bank. Maka dari itu, pilihlah cara pembayaran yang paling mudah. Jadi, kamu bisa lebih cepat membayar cicilanmu tanpa perlu menundanya lagi. Kalau perlu, aktifkan auto debet sehingga akan terpotong dari rekeningmu setiap bulannya.

● Membuat Anggaran Dana

Anggaran dana dapat membantumu dalam perencanaan keuangan. Selain itu, anggaran dana juga bisa membuat pemasukan dan pengeluaran rutinmu lebih terkontrol. Oleh sebab itu, buatlah anggaran dana serinci mungkin sehingga kamu tahu kondisi keuanganmu. Jangan lupakan juga untuk memasukkan berbagai cicilan yang harus kamu bayar.

● Buat Daftar Cicilan

Selain membuat anggaran dana, kamu juga perlu membuat daftar cicilanmu sendiri secara terpisah. Buatlah daftar serinci mungkin mengenai cicilan-cicilan tersebut. Bila perlu, cantumkan tanggal-tanggal untuk membayarnya. Setelah itu, letakkan daftar cicilan di tempat yang mudah kamu jangkau setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa teringat dengan cicilanmu setiap saat.

● Buat Pengingat

Selain membuat daftar cicilan, kamu bisa memasang alarm atau pengingat agar tidak lupa dalam membayar cicilan. Gunakanlah ponsel atau gawai lain yang sering kamu pakai dan dekat dengan dirimu sendiri sehingga kamu bisa diingatkan sewaktu-waktu Kalau alarm sudah berbunyi, jangan lupa untuk segera membayar cicilanmu ya. Dengan begitu, kamu tidak akan lupa dalam membayarnya sehingga dapat terhindar dari denda.

● Berhemat

Pasti ketika gaji cair, kamu ingin segera membelanjakannya ‘kan? Tetapi tunggu dulu, pastikan kamu sudah mempunyai uang yang cukup untuk membayar cicilanmu terlebih dahulu sebelum menggunakan gajimu untuk hal-hal lainnya. Selain itu, kamu juga tetap perlu berhemat apalagi kalau gajimu tidak tetap tiap bulannya. Dengan begitu, kamu masih mempunyai uang untuk memenuhi kebutuhan dan membayar cicilan di bulan selanjutnya.

● Tidak Gali Lubang Tutup Lubang

Jangan pernah berhutang ke tempat lain untuk membayar cicilan KTA-mu. Hal itu hanya membuatmu terjebak di lingkaran hutang yang tak ada ujungnya sehingga kamu akan kerepotan sendiri nantinya dalam melunasi hutang-hutang tersebut. Selain itu, cara ini juga berpotensi membuat pinjaman atau hutangmu macet sehingga berpengaruh terhadap BI checking-mu. Nilai BI checking yang buruk bisa menghambatmu untuk mengajukan pinjaman nantinya. (*jp)

Editor: Pipin