25 radar bogor

Kapolresta Bogor Kota: Jangan Sampai Kegiatan Parpol Halangi Hak Masyarakat

Kapolresta Bogor Kota, AKBP Bismo Teguh Prakoso. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Forkopimda Kota Bogor menggelar koordinasi di Mako Polresta, Selasa (7/3). Pihak kepolisian pun siap mengamankan pesta demokrasi itu dengan kekuatan penuh.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, menegaskan banyak hal-hal terkait Kamtibmas yang harus dipertimbangkan pada Pemilu mendatang. Oleh karenanya, ia mengundang Forkopimda Kota Bogor bersama KPU, Bawaslu, dan perwakilan partai politik Kota Bogor untuk mengingatkan hal itu.


“Tujuannya adalah mengingatkan kita bersama bahwa Kamtibmas, kesejukan, kerukunan, hormat menghormati, harga menghargai, dan juga membahas tentang teknis hal-hal Kamtibmas yang harus dipertimbangkan,” ujarnya.

Sosialisasi partai politik nantinya harus dilakukan setelah ada izin dari KPU, Bawaslu, dan kepolisian. Mereka menyiapkan pengamanan saat kegiatan berlangsung.

Adapun hal yang menjadi pertimbangan salah satunya ialah lalu lintas. Jangan sampai, kata Bismo, kegiatan partai politik malah menghalangi hak masyarakat.

“Misalnya ada jalur orang mau ke rumah sakit, jalur protokol, jalur pendidikan, nggak boleh. Sama tempat ibadah nggak boleh. Pakemnya itu. Sesuai dengan Perbawaslu, PKPU, berkiblatnya pada itu,” papar Bismo.

Sejauh ini, belum ada wilayah Kota Bogor yang tercatat sebagai wilayah yang rawan perpecahan. Sebab, Kota Bogor kata dia memiliki DNA perdamaian dan kerukunan. Meski demikian, Polresta Bogor Kota akan menurunkan ribuan anggota untuk berjaga dan disebar ke TPS-TPS.

“Ini 1.000 personel untuk Polrestanya sendiri. Tapi nanti kami pun ada BKO dari TNI, Brimob, Lanud, Batalyon, banyak,” pungkas Bismo.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto