25 radar bogor

Catat! Begini Cara Sukses Pasarkan Produk Kalian di Media Sosial

Ilustrasi bisnis di media sosial
Ilustrasi bisnis di media sosial

BOGOR-RADAR BOGOR, Tidak hanya untuk hiburan, penggunaan ruang digital, khususnya media sosial, tentu bisa dimanfaatkan bagi kita yang memiliki kemampuan untuk berbisnis. Atau bagi kita yang memang sudah berbisnis.

Sebab, media sosial sangat jitu untuk dijadikan media pemasaran yang efektif, untuk memasarkan produk-produk kita.

Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan menjelaskan, penggunaan digital marketing memiliki tujuan seperti meningkatkan jumlah pasar, meningkatkan pendapatan penjualan, mengurangi biaya. Misalnya biaya distribusi atau promosi, serta mencapai tujuan merk.

Untuk menunjang pelaku UMKM di Kabupaten Pubalingga, pemerintah daerah membuat produk tuku-tuku. Tuku-tuku adalah platform yang digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, untuk membantu pemasaran produk UMKM.

“Selain itu, ada juga program jujag-jujug, yang mana program ini mempermudah transaksi pembelian kebutuhan pokok atau produk-produk yang dijual di pasar,” kata dia dalam seminar online yang diselenggarakan Kementerian Kominfo dan DPR, yaitu Ngobrol Bareng Legislator, bertemakan Belajar Teknik Pemasaran Online, Kamis, 2 Maret 2023.

Jujag-Jujug ini dilaunching pada 1 Mei 2020, bersamaan dengan digalakkannya program #dirumahsaja saat pandemi covid-19. Jujag-jujug dilaksanakan di 3 pasar utama, yaitu, Pasar Segamas, Pasar Bobotsari dan Pasar Bukateja.

Lainnya, Vice President – Head of Direct Sales & Retail Java Balinusra, Indosat Ooredoo Hutchison, Heny Tri Purnaningsih mengatakan, pemanfaatan sosial media secara tepat sebagai media promosi online, bisa sangat membantu untuk mempromosikan, memperkenalkan, bahkan memasarkan produk dan jasa bisnis.

Baca juga: Gara-gara Hoaks Media Sosial, Desa Ini Dijuluki Kampung Janda

Supaya produk kita terkenal di digital marketing, kita perlu membangun dan memperluas jaringan dengan cara membangun citra diri.

Citra diri merupakan komponen konsep diri yang paling penting dalam mensukseskan diri. Karena kemajuan diri akan mempercepat laju kemajuan pada diri seseorang.

“Harga diri merupakan hasil perbandingan antara diri ideal dengan citra diri. Semakin citra diri sejalan atau mendekati idealnya, maka akan menumbuhkan harga diri yang tinggi,” kata dia.

Sementara itu, Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap program webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Semmy, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju, dengan adanya panedemic covid-19 telah mendorong kita untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas melalui platform digital.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah, yang semakin mempertegas bahwa kita berada di era percepatan trasnformasi digital.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital,” beber Semmy.

Sementara itu, Wakil Anggota Komisi I DPR, Utut Adianto menjelaskan, program Ngobrol Bareng Legislator memiliki tujuan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat melek digital, dan juga tidak ada lagi blank spot di seluruh wilayah Indonesia. (ran)

 

Editor: Rany