25 radar bogor

Bapena PPNI Kabupaten Bogor Dilantik, Perawat Siap Tanggulangi Bencana

Pengurus Badan Penanggulangan Bencana DPD PPNI Kabupaten Bogor dilantik di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kamis (2/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bogor dilantik, Kamis (2/3).


Badan yang terstruktur dari pusat hingga daerah ini, fokus dalam penanggulangan bencana. Perawat termasuk salah satu bagian yang menjadi tim dalam setiap bencana di Indonesia, baik bencana alam dan non alam.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan peran Bapena PPNI Kabupaten Bogor sangat penting dalam melakukan penanganan dan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor.

“Semoga mampu mengemban amanah untuk menjadikan Bapena PPNI sebagai wadah yang mengelola dan melakukan penanganan terhadap bencana serta meningkatkan kemampuan, keahlian, dan kompetensi perawat,” ungkapnya saat menghadiri kegiatan pelantikan Bapena PPNI Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Kamis (2/3).

Menurut Iwan, wilayah Kabupaten Bogor secara hidrologis dialiri oleh banyak sungai. Selain itu, letak geografi dan topografi lahan yang labil sehingga rawan bencana. Terlebih hingga saat ini intensitas hujan di Kabupaten Bogor juga cukup tinggi.

Dalam kesempatan ini, Iwan Setiawan juga mengajak seluruh stakeholder untuk terus membangun kesiapsiagaan dan tanggap bencana sebagai salah satu upaya mitigasi.

Penghargaan yang setinggi-tingginya juga diberikan atas pengabdian para perawat yang telah berada di garda terdepan disaat krisis pandemi Covid-19 serta atas kontribusinya dalam mewujudkan karsa Bogor Sehat.

“Saya sangat menyambut baik pembentukan Bapena PPNI karena dalam situasi bencana baik bencana alam atau non-alam keberadaan para perawat dan tenaga kesehatan lainnya memang sangat krusial,” tutur Plt. Bupati Bogor

Ketua Bapena PPNI Kabupaten Bogor, Jajat Sudrajat mengatakan, dari 500 yang mendaftar, hanya 21 orang yang terpilih masuk dalam kepengurusan Bapena PPNI Kabupaten Bogor.

Mereka dilantik untuk berkecimpung di bidang kemanusiaan. Salah satunya menangani kebencanaan dan dikukuhkan menjadi tim reaksi cepat penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor.

“Para Pengurus Bapena PPNI yang baru dilantik adalah mereka yang sudah teruji dalam hal penanganan dan penanggulangan bencana. Secara mentalitas, pengalaman dan fisik tidak diragukan lagi. Mereka juga baru saja selesai melaksanakan tugas membantu penanganan bencana di Cianjur 21 hari nonstop melayani masyarakat Cianjur,” tuturnya.

Avatar


Pihaknya juga mengaku siap bersinergi antara program yang ada di BPBD Kabupaten Bogor dengan Bapena PPNI terutama dalam hal pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

“Kita juga membawahi perawat, perawat yang siap ditugaskan dimanapun baik dalam penanganan bencana juga masalah kesehatan. Bapena PPNI siap membantu BPBD dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto