25 radar bogor

Meski Dikeluhkan Warga, Armada Biskita Transpakuan Tidak Akan Bertambah

Biskita Trans Pakuan
Biskita Trans Pakuan

BOGOR-RADAR BOGOR, Kurangnya unit Biskita Transpakuan yang mengaspal, membuat para penumpang kerap menunggu lama dan menumpuk di halte. Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak akan menambah jumlah unit Biskita.

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya usai menghadiri acara bersih-bersih Sungai Ciliwung pada Hari Peduli Sampah Nasional di Kebun Raya Bogor, Sabtu (25/2/2023).

Bima mengakui, penumpukan terjadi akibat sedikitnya jumlah Biskita. Akan tetapi dirinya tidak akan menambah jumlah bis di koridor yang sama. “Ya itu karena jumlah bisnya sedikit. Tapi kita tidak menambah bis di koridor yang sama melainlam menambah koridor lain,” terangnya.

Avatar

Baca Juga:

Dewan Minta Pemkot Penuhi Kebutuhan Armada Biskita, Agar Penumpang Tak Menunggu Lama

Pemkot Bogor berencana akan menambah 2 koridor yang saat ini belum beroperasi yakni koridor 3 dan 4. Trayek yang dilayani pada koridor 3 ialah Terminal Bubulak hingga Sukasari. Koridor ini, memiliki panjang 25,4 kilometer (km). Sementara trayek dikoridor 4 melayani Ciawi hingga Ciparigi, sepanjang 36,0 kilometer.

Selain itu, Pemkot Bogor juga tengah menunggu hasil pembahasan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) soal pengusulan tarif Biskita. “Kami sudah usulkan tarifnya, sekarang sedang dalam proses pembahasan. Kami menunggu karena bola (keputusan) di BPTJ,” tutur Bima.

Ia menyatakan, tarif yang diusulkan sudah melalui serangkaian proses kajian. Pihaknya juga berharap sistem pembayaran dapat terintegrasi dan berupa tiket terusan. Namun dirinya tidak dapat memastikan sistem yang akhirnya diterapkan. “Nanti kita lihat sejauh mana itu bisa diterapkan,” ucap dia.

Di waktu lain, Bima menegaskan penerapan tarif akan dilakukan pada tahun 2023 ini. Hal itu sempat disinggung olehnya dalam launching Calendar of Event (COE) Kota Bogor pada Jumat (17/2/2023) lalu.

Bima menyebut penambahan koridor Biskita rencananya akan dilakukan pasa pertengahan tahun 2023. Sebab dirinya menilai aksesibilitas menjadi faktor penentu kesuksesan penyelenggaraan event pariwisata.

“Pertama atraksi, kedua amenitas atau fasilitas pendukung, ketiga aksesibilitas, dimana harus memikirkan keterjangkauanya menuju satu titik, menggunakan angkutan publik, atau sebagainya. Ketiga aspek ini penting untuk terus improve. Dengan Biskita Insyallah pada pertengahan tahun menambah dua koridor baru. Ada Koridor 3 dan 4 lewat Surken,” papar dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep