25 radar bogor

Tingkatkan Mutu Auditor AMI PT, P2SDM LPPM IPB University Gelar Pelatihan

P2SDM LPPM IPB University
P2SDM LPPM IPB University mengadakan pelatihan pendamping peningkatan budaya mutu perguruan tinggi (PT). Kegiatan dilaksanakan 22-24 Februari 2023 secara luring, di Hotel Permata Bogor, Jawa Barat.

BOGOR-RADAR BOGOR, P2SDM LPPM IPB University mengadakan pelatihan pendamping peningkatan budaya mutu perguruan tinggi (PT). Kegiatan dilaksanakan 22-24 Februari 2023 secara luring, di Hotel Permata Bogor, Jawa Barat.

Acara dihadiri oleh 19 peserta yang terdiri dari tiga universitas, yakni dari Universitas Sebelas Maret, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan kegiatan pada 22 Februari 2023 pukul 13.00 WIB. Pembukaan dipandu oleh Puji, kemudian dilanjutkan dengan do’a oleh Firman. Setelah itu bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Avatar

Baca Juga:

Resmi Ditetapkan, Ini Empat Wakil Rektor IPB University Periode 2023-2028  

Sesi pembukaan diberikan oleh Dr. Warcito, SP., MM sebagai sekretaris P2SDM LPPM IPB University. Pertama-tama ia mengucapkan terimakasih kepada peserta yang sudah hadir dalam kegiatan pelatihan.

Warcito menyampaikan bahwa, pada proses pelatihan bukan hanya mengajari, karena AMI disetiap perguruan tinggi berbeda-beda. Proses pembelajaran nanti tidak semua bisa ditelan mentah-mentah, namun dapat disesuaikan.

Hal ini dikarenakan penetapan standar berbeda tergantung dari kondisi perguruan tinggi, namun masih mengacu pada standar BAN-PT maupun LAM. Ia menyampaikan bahwa sertifikasi penting, sehingga pada pelatihan ini dihadirkan pembicara yang sudah berkompeten.

Pelatihan pendamping peningkatan budaya mutu PT pada hari kesatu, akan belajar tentang materi kebijakan nasional penjaminan mutu, pemahaman audit mutu internal, kemudian besok akan dilakukan praktek. Selanjutnya peserta akan melakukan presentasi yang dibagi perkelompok, agar lebih efektif.

Hari ketiga para peserta akan melakukan kunjungan lapang ke kampus IPB Dramaga, untuk dapat secara langsung melihat dokumen dan mempraktekan untuk menjadi auditor.

Selanjutnya Warcito menambahkan bahwa, ketika sudah melihat kondisi lapangan, para peserta akan melakukan presentasi hasil temuannya. Menariknya, pada pelatihan ini akan dilakukan simulasi RTM (Rapat Tinjauan Manajemen), sehingga peserta lebih dapat melaksanakan dan memahami audit.

Warcito menyampaikan bahwa, P2SDM LPPM IPB University memiliki visi dan misi, salah satunya untuk menjadi sebagai pusat rujukan pengembangan SDM profesional khususnya SDM perguruan tinggi.

Harapannya pada pelatihan ini, peserta di perguruan tinggi mempunyai akreditasi yang sama, sehingga dapat mengajari yang lain dan bagi yang daerahnya jauh tidak perlu ke Bogor.

Oleh karena itu, para peserta dapat lebih banyak sharing dan banyak bertanya kepada pemateri. Pelaksanaan sesi luring diharapkan mendapatkan hasil maksimal, dan bertemu langsung sehingga bisa dilakukan pengecekan secara langsung.

Pelatihan ini akan mempelajari kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosiocultural. Selanjutnya akan dilakukan sertifikasi ujian selama empat jam secara online.

Peserta harus mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan kompetensi yang sesuai. Beliau mengimbau bahwa saat pelaksanaan ujian masing-masing, harus dilakukan dalam keadaan yang bagus termasuk jaringan internet.

Warcito membuka secara resmi pelatihan yang ditandai dengan penyematan kit peserta. Para peserta secara resmi mengikuti kegiatan pelatihan pendamping peningkatan budaya mutu PT. (adv)

Editor : Yosep