25 radar bogor

Tabrak Musala dan Rumah, Bus Pariwisata Rombongan Anak TK Terguling

Bus Pariwisata
Bus pariwisata yang membawa rombongan anak-anak TK, saat terlibat kecelakaan di Dusun Sekar, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (14/2/2023) petang.

PASURUAN-RADAR BOGOR, Bus pariwisata yang membawa rombongan anak-anak TK, terlibat kecelakaan di Dusun Sekar, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (14/2/2023) petang.

Bus nahas yang ditumpangi rombongan anak-anak TK Al Hidayah dan KB An Nasir, asal Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar itu, menabrak motor, musala dan rumah warga. Sejumlah penumpang pun terluka. Mereka dibawa ke rumah sakit terdekat. Termasuk anak-anak.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, tiga rombongan bus pariwisata itu baru saja berwisata di Taman Safari Indonesia (TSI) II di Prigen, Pasuruan. Menjelang Magrib, mereka pulang.

Avatar

Baca Juga:

OPM Rilis Foto Pilot Susi Air, Pakai Kaus Berbendera Papua Merdeka

Bus paling depan bernopol DK 7185 GC dikemudikan Purnomo, asal Telogo, Kabupaten Blitar. Di belakangnya, bus bernopol B 7516 IG, dikemudikan Hamam (57), warga Srengat, Kabupaten Blitar. Dan, paling belakang, bus bernopol AG 7280 K.

Saat perjalanan pulang, cuaca sedang gerimis. Nah, petaka terjadi ketika iring-iringan bus pariwisata itu melintas di jalan turunan Desa Watuagung. Mendadak bus dengan nopol B 7516 IG yang dikemudikan Hamam, diduga remnya blong. Lalu, bus tersebut menabrak bus di depannya.

Tak pelak, bus paling depan pun terdorong kencang. Lalu, brakkk! bus menghantam musala, dua rumah dan empat unit motor yang sedang parkir.

Bodi depan bus pariwisata itu ringsek. Untung, semua penumpang selamat. Bunyi tabrakan itu sontak membuat warga sekitar kaget. Mereka keluar rumah sambil berupaya menolong para penumpang.

“Suaranya keras sekali,” terang Herman (45), warga setempat. Herman dan warga lainnya langsung menuju bus pertama yang terguling. Seketika itu, penumpang bus yang luka-luka dibawa ke rumah sakit. Korban yang selamat, dibawa ke rumah warga sekitar TKP.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra mengatakan, total bus pariwisata itu berpenumpang sekitar 118 orang. “Posisi jalan turunan, pengakuan sopir bus yang di tengah. Rem tidak berfungsi,” jelasnya.

Sampai Selasa malam, dari data kepolisian, ada 15 korban luka-luka. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Semua korban luka-luka, dibawa ke RS Prima Husada dan RS Sahabat di Kecamatan Sukorejo. Kasatlantas mengapresiasi warga sekitar karena sesaat setelah kejadian, langsung bahu membahu menolong para korban kecelakaan itu. (jpg)

Editor : Yosep