25 radar bogor

OPM Rilis Foto Pilot Susi Air, Pakai Kaus Berbendera Papua Merdeka

Pilot Susi Air
Pilot Susi Air Kapten Philip Max Marten yang disandera OPM.

PAPUA-RADAR BOGOR, Nasib Pilot Susi Air Kapten Philip Max Marten, yang disandera OPM mulai terkuak. Dari foto yang dirilis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-OPM (TPNPB-OPM), Philip dalam kondisi hidup.

Kapten Philip Max Marten disandera OPM sejak pekan lalu. Dalam foto yang dibagikan, Philip nampak dijaga oleh sejumlah pria bersenjata laras panjang di bawah bendera Bintang Kejora. Pilot Susi Air itu, nampak mengenakan celana pendek dan jaket dengan kaus bergambarkan bendera Papua Merdeka.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut, foto itu dirilis untuk membantah klaim Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, yang menyebut pilot Susi Air bukan disandera oleh OPM, melainkan menyelamatkan diri.

Avatar

Baca Juga:

Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Pilot-5 Penumpang Belum Diketahui Nasibnya

“Kami sampaikan bahwa Panglima TNI adalah pembohong besar, karena TPNPB sudah mengakui bertanggung jawab atas bakar pesawat dan sandera pilot Susi Air yang berwarga negara Selandia Baru, dan kami tepati janji kami dan bertanggungjawab secara politik,” ujar Sambom dalam keterangannya, Selasa (14/2/2023) seperti dilansir tempo.co.

Sambom menyebut, Philip menjadi jaminan pihaknya melakukan negosiasi politik terhadap Indonesia. Sebelumnya, TPNPB-OPM meminta agar pemerintah Indonesia melepaskan Papua agar bisa menjadi Papua Merdeka dengan jaminan Kapten Philip.

Sementara itu, Menkopolkam Mahfud MD menyampaikan bahwa, pemerintah segera melakukan pembebasan terhadap pilot Susi Air yang disandera OPM. Saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai persiapan dan strategi untuk membebaskan pilot Philip Merthens.

Pemerintah akan terus melakukan upaya semaksimal mungkin, untuk melakukan penyelamatan terhadap sandera dengan pendekatan persuasif karena yang diutamakan adalah keselamatan sandera.

Selain itu, Mahfud juga menyampaikan, jika pemerintah terus melakukan kominukasi dengan pemerintah Selandia Baru untuk mengakselerasi pembebasan pilot Susi Air. Mahfud juga menegaskan, menyendera warga sipil, dengan alasan apapun tidak dapat diterima

Sedangkan Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menegaskan, pihaknya juga siap terjun langsung untuk melakukan pembebasan Susi Air.

Irjen Mathius juga mengimbau agar Igianus Kogoya dan kawan-kawannya yang merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), untuk tidak membuat tindakan atau aksi yang tidak perlu.

“Kami akan segera membebaskan pilot Philip Merthens dan tidak akan mundur sedikit pun,” ungkap Irjen Mathius.
Irjen Mathius juga menjelaskan jika pihaknya juga terus melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat untuk membebaskan pilot Susi Air tersebut. (net/tmp/dis)

Editor : Yosep