logo-radar-bogor

Kasus Gagal Ginjal Akut Naik Lagi, Bima: Hati-hati Konsumsi Obat

Bima Arya soal lelang jabatan kepala dinas
Wali Kota Bogor, Bima Arya.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Kesehatab (Kemenkes) mencatat ada laporan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) baru dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

Juru Bicara Kemenkes, dr M. Syahril pada Senin (6/2) lalu, menuturkan penambahan kasus tercatat di tahun ini di antaranya satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek.


Oleh karena itu, dirinya meminta agar Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah lain untuk aktif memantau pasien dengan gejala GGAPA, dan segera merujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk Kemenkes untuk menangani pasien tersebut.

Menyikapi kondisi ini Wali Kota, Bima Arya menyatakan hingga saat ini Pemerintah Kota Bogor belum mengeluarkan kebijakan dan imbauan secara resmi, sebab belum mendapat laporan kasus GGAPA.

“Kita belum bisa menyampaikan, karena kami belum mendapatkan kasus di Kota Bogor. Begitu juga dengan produk obat juga belum dapat laporan (pelarangan),” ujarnya, Jumat (10/2).

Meski begitu, ia meminta masyarakat terutama para orang tua untuk lebih waspada dslam mengonsumsi obat demam. Terlebih dirinya mendapat informasi kasus flu tengah naik.

“Saya dapat laporan naiknya kasus flu karena perubahan iklim dan musim. Maka dari itu harap berhati-hati dalam konsumsi obat-obatan,” ucap dia. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto