25 radar bogor

Lapuk, Atap Dua Ruang Kelas MI Nurul Islamiyah Ambrol

Bagian plafon ruang kelas MI Nurul Islamiyah di Desa Tegal, Kecamatan Kemang terjatuh atau ambrol. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

KEMANG-RADAR BOGOR, Dua ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islamiyah di Desa Tegal, Kecamatan Kemang nyaris tak bisa dipakai untuk belajar-mengajar. Bagian plafon ruang kelas itu terjatuh atau ambrol.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dari murid-murid sekolah itu. Lantaran murid-murid MI Nurul Islamiyah sudah pulang.


Kepala Sekolah MI Nurul Islamiyah, Nurfarida menyebutkan, dua kelas yang ambrol itu kelas 3 dan kelas 2.

Ia mengakui, kondisi bangunan sekolah memang sudah lapuk. Apalagi, bagian atas kelas yang ambrol itu memang masih menggunakan bambu.

Untuk mengantisipasi kejadian lainnya, pihaknya terpaksa menerapkan sistem shift untuk proses pembelajaran murid. Waktunya dibagi menjadi pagi dan siang.

“Untuk kelas 4 dan kelas 6 masuk siang. Sementara kelas satu dua tiga dan lima masuk pagi,” kata dia, Jumat (10/2).

MI Nurul Islamiyah menampung sebanyak 200 siswa. Jumlah itu melebihi kemampuan daya tampung dan ruang kelas. “Idealnya lebih dari enam kelas dengan jumlah siswanya segitu,” pasrahnya

Sebelum bangunan itu ambrol, pihak sekolah sebenarnya sudah beberapa kali mengajukan untuk pembangunan. Beberapa tahun lalu diajukan lewat bantuan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

“Rencananya tahun ini (dibantu), tapi belum ada lagi. Kami berharap kondisi kelas yang ambrol ini bisa segera diperbaiki agar kegiatan belajar-mengajar lebih nyaman,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto