25 radar bogor

Kepala Dinas PUPR Harus Paham Keilmuan Bidang Infrastruktur

DPRD Kota Bogor
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto angkat suara terkait rencana lelang jabatan dua posisi kepala dinas (Kadis) yang kosong. Ia menekankan, salah satunya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) harus diisi orang yang tepat.


“Tentunya sosok dengan kualifikasi tertentu perlu juga kita cari terutama adalah integritas. Kedua, kemampuan teknis mulai dari perencanaan hingga dengan aspek teknis,” kata Atang, Kamis (9/2).

Salah satunya, Dinas PUPR. Menurut Atang, sosok yang akan memimpin dinas itu harus memahami secara keilmuan bidang. Dengan begitu, paham apa yang harus dilakukan dan mencari solusi ketika ada masalah.

Selain itu, calon pimpinan dinas “infrastruktur” itu juga harus dapat memahami apa yang terjadi di lapangan. Pasalnya, terkadang pekerjaan infrastruktur yang telah direncanakan menggunakan uang rakyat justru tidak memenuhi kualifikasi.

“Ketiga, sosok kepala dinas yang mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik untuk seluruh komponen dan stakeholder di Kota Bogor. Jiwa kepemimpinannya harus tinggi,” imbuh Atang.

Politikus PKS ini juga memberikan catatan permasalahan yang kerap terjadi di Dinas PUPR Kota Bogor. Beberapa pekerjaan dan proses lelang terlambat hingga penyelesaian pekerjaan yang mepet akhir tahun.

Oleh karena itu, Atang meminta pengawas yang ada di dinas tersebut harus lebih kuat.


“Ketepatan waktu dalam penyelesaian perlu diperbaiki di masa-masa yang akan datang. Termasuk, musrembang bisa tepat sasaran, karena ada beberapa usulan yang sifatnya tahunan (belum terealisasi). Itu pertanda usulan prioritas yang perlu ditangkap PUPR,” kuncinya.

Sebelumnya, dua jabatan kadis di Kota Bogor memang kosong, usai pelantikan dan rotasi jabatan, beberapa waktu lalu. Dua posisi kadis yang kosong itu yakni Dinas PUPR dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus). (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto