25 radar bogor

Sempat Ditutup, U-Turn Jalan Achmad Adnawijaya Dibuka Besok

Putaran balik di Jalan Achmad Adnawijaya, Kecamatan Bogor Utara bakal dibuka kembali, Jumat (10/2). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua u-turn atau putaran balik di Jalan Achmad Adnawijaya, Kecamatan Bogor Utara yang sempat ditutup bakal dibuka kembali, Jumat (10/2) besok.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan seluruh pekerjaan termasuk memasang kastin di area tersebut.


“Kedua u-turn sudah selesai, besok sudah bisa dilalui kendaraan,” ucap Rena saat dihubungi Radar Bogor, Kamis (9/2).

Selanjutnya, Rena mengemukakan, PUPR akan menutup bundaran yang selama ini digunakan masyarakat untuk berputar arah. Ia menjelaskan, kedua u-turn dibangun untuk mengurai kemacetan yang kerap melanda wilayah tersebut.

“Dulu, wilayah itu konsepnya perumahan dengan kapasitas mobil tidak terlalu banyak. Tapi saat ini berubah fungsi jadi tempat jualan atau usaha dengan kapasitas mobil lebih banyak. Oleh karena itu, perlu ada penyusaian,” terang Rena.

Dirinya menjelaskan, pembangunan dua u-turn baru itu menggunakan dana pemeliharaan sebesar Rp300 juta.

Proyek tersebut sudah dimulai sejak bulan November 2022 lalu. Kemudian mulai diujicoba sebulan setelahnya. Namun kedua u-turn itu sempat ditutup pada pertengahan Bulan Januari 2023.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto