25 radar bogor

Satuan Bravo 90 Kopasgat Terjun Penyegaran di Runway Rumpin

Mako Satuan Bravo 90 Kopasgat menggelar terjun penyegaran di Runway Lanud Rumpin, Rabu (8/2). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

RUMPIN-RADAR BOGOR, Mako Satuan Bravo 90 Kopasgat menggelar terjun penyegaran di Runway Lanud Rumpin, Rabu (8/2). Sebanyak 185 personel Satbravo 90 Kopasgat dibagi menjadi 5 Sortie.

Komandan Satuan Bravo 90 Pasgat Kolonel Pas Dedy Agung mengungkapkan, personel terbagi dalam 79 peterjun Static dengan ketinggian 900-1200 kaki. Sementara, 106 personel peterjun Frefall dengan ketinggian 7.500-10.000 kaki.


“Mereka turut meramaikan langit Rumpin Bogor yang sekaligus menjadi sebuah hiburan bagi warga sekitar,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan penerjunan, Satbravo 90 Kopasgat didukung pesawat CN 295 Nomer Registrasi 2901 dengan pilot Kapten Pnb Iskandar dari Skuadron udara 2 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

“Kegiatan yang berlangsung setahun sekali ini merupakan program kerja Kopasgat. Setiap Prajurit Komando wajib memiliki kualifikasi bagian penerjun,” jelasnya.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan para prajurit ditugaskan ke tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan darat. “Makanya Kopasgat membuat agenda terjun penyegaran untuk meningkatkan kemampuan setiap anggotanya,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya menekankan agar setiap personel selalu memegang teguh SOP penerjunan dan mengutamakan keselamatan (safety). Dengan demikian, tercapai Zero Accident dan Mission Accomplished.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto