25 radar bogor

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten, Masyarakat Diimbau Hati-Hati

gempa banten
Pusat gempa bumi magnitudo 5,2 yang mengguncang Banten Selasa (7/2/2023) pagi.

BANTEN-RADAR BOGOR, Wilayah Banten dan sekitarnya, diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.2 pada Selasa (7/2/2023) pukul 07:35 WIB.

Berdasarkan informasi dari BMKG, titik pusat gempa Banten berada di laut 66 km Tenggara Muarabinuangeun dengan Kedalaman 10 Km (7.43 LS, 105.88 BT).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( oblique thrust ),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Avatar

Baca Juga:

 Turki Diguncang Gempa Besar 7,8 SR, Bangunan Hancur

Gempa Banten ini berdampak dan dirasakan di daerah Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya dengan skala intensitas III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), daerah Serang, Pandenglang, Panggarangan, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang dan Cinangka dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian, daerah Tangerang Selatan, Bogor, Sukabumi, Tangerang, Cianjur dan Bandung Barat dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Jakarta, Depok, Cibubur dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Hingga pukul 08.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG memastikan, gempa Banten tersebut tidak berpotensi Tsunami. Selain itu, BMKG juga mengimbau masyrakat untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. (net/dis)

Editor : Yosep