25 radar bogor

Turki Diguncang Gempa Besar 7,8 SR, Bangunan Hancur

Gempa Turki
Salah satu bangunan di Turki yang runtuh setelah diguncang gempa 7,8 SR Senin (6/2/2023) pagi.

TURKI-RADAR BOGOR, Gempa besar berkekuatan 7,8 skala richter,  mengguncang wilayah Turki Tengah, pada Senin (6/2/2023) pagi. Menurut laporan dari Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ), gempa bumi di Turki itu memiliki kedalaman 10 km.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menetapkan, gempa bumi berkekuatan 7,8 SR di dekat Kota Selatan Kahramanmaras. Sekitar 30 kilometer barat laut Gaziantep, dan 114 kilometer utara-barat laut Aleppo, Suriah. Diketahui daerah Selatan Kahramanmaras memang sudah sering dilanda gempa bumi yang kuat.

Dilaporkan juga, ada kerusakan pada bangunan di Turki, dan orang-orang berkumpul di jalan-jalan bersalju. Dilansir dari laman Reuters, gempa di Turki itu berlangsung sekitar satu menit dan menghancurkan jendela rumah warga.

Gempa di Turki dilaporkan terasa sampai ke Israel. The Times of Israel menyebut getaran dirasakan warga Tel Aviv. Para pengguna media sosial dari Jazirah Arab juga mengaku merasakan gempa di Turki, seperti netizen di Beirut (Lebanon) dan Erbil (Irak), hingga Kuwait. (net)

Editor : Yosep