25 radar bogor

Dishub Bakal Bikin Jalur Khusus Pesepeda di Kawasan Cibinong

Parkir berbayar
Akses jalan menuju Stadion Pakansari bakal diterapkan parkir berbayar.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor berencana membuat jalur khusus pesepeda di sepanjang Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengatakan, seiring berkembangnya kawasan perkotaan di wilayah tersebut, dibutuhkan sarana-sarana yang memadai.

“Yang kita butuhkan tahun ini kawasan jalur bersepeda di sepanjang Jalan Raya Tegar Beriman, karena ini sudah masuk wilayah perkotaan untuk Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat sebagai bentuk keseriusan untuk membuat jalur khusus sepeda tersebut.

“Pemerintah pusat akan memberikan penentuan dan perlengkapan jalan. Untuk kekurangannnya, nanti akan kita lengkapi untuk memaksimalkan kawasan jalur bersepeda,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kasie Pelaksana Perlengkapan Jalan (PPJ) Dishub Kabupaten Bogor, Ade Supriyatna menjelaskan, pemerintah daerah sebelumnya telah mengajukan permohonan bantuan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan mengenai rencana tersebut.

“Tahun 2021-2022 sudah dimulai dengan studi kelayakan dan Detail Engineneering Design (DED) jalur bersepeda oleh BPTJ dan rencana tahun 2023 tinggal pelaksanaannya oleh kementerian,” ungkapnya.

Dirinya menyebutkan ada enam titik yang sebelumnya diajukan untuk pengadaan jalur khusus sepeda. Namun hanya tiga titik yang telah mendapat persetujuan.

“Jalan Ediyoso akan dibuat dua jalur sepanjang 1,7 km, Jalan Tegar beriman sepanjang 6 km, dan Jalan Lingkar GOR Pakansari sepanjang 2 km yang akan dibuat tahun 2023 ini,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto