25 radar bogor

Belum Dua Tahun, Tiga Huntap Sudah Porak-poranda Diterjang Angin

Salah satu huntap yang rusak karena diterjang angin puting beliung di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Sabtu (4/2). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Tiga rumah hunian tetap (Huntap) di Kampung Legok Heulang, Desa Malasari rusak di terjang puting beliung, Sabtu (4/2). Huntap itu belum genap dua tahun rampung dibangun.


Kejadian itu membuat penghuni terkejut, sekira pukul 01.20 WIB dini hari. Atap dari tiga huntap itu mengalami kerusakan.

Menurut penghuni rumah Antawi, ia sedang tertidur saat itu. Tiba-tiba terbangun setelah mendengar suara atap dari baja ringan itu ambruk terkena angin.

“Akibat tiupan angin yang sangat kencang mengakibatkan sebanyak tiga huntap mengalami rusak parah di bagian atap,” kata Antawi.

Ia berharap, pemerintah segera memperbaiki huntap yang kondisinya rusak. Apalagi, curah hujan cukup tinggi dan warga sekitar masih khawatir angin kencang terjadi lagi.

“Harapannya, rumah yang rusak bisa diperbaiki dan tebingan yang longsor cepat dibangun,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Nanggung Ae Saepulloh membenarkan kejadian tersebut. Kondisi rumah warga yang rusak telah dilaporkan ke dinas terkait.

“Total ada tiga rumah (yang rusak). Jadi awalnya rumah pertama rusak atapnya dan menimpa bangunan lain,” ungkap Ae.

Beruntung, tak ada korban jiwa karena bangunan lain sedang tidak berpenghuni.


“Memang sedang tidak diisi, tapi kami sudah melaporkan ke BPBD. Karena huntap ini dibangunkan saat dampak longsor tahun 2019,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto