25 radar bogor

Kabinet Dirombak, Dua Kepala Dinas Kosong. Bima Buka Open Bidding!

Kepala dinas
Pelantikan pejabat dan kelapa dinas di Balai Kota Bogor, Jumat (3/2/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua jabatan kepala dinas di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, sengaja dikosongkan pada saat perombakan pejabat yang dilakukan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Rencananya, Pemkot Bogor bakal membuka pendaftaran untuk seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong, atau lelang jabatan (Open Bidding).

Kedua pucuk pimpinan kepala dinas yang kosong yaitu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus).

Avatar

Baca Juga:

Bima Arya Rombak Jajaran Kabinetnya, Hari Ini Dilantik. Berikut Daftarnya!

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pelantikan ratusan pejabat di lingkup Pemkot Bogor dilakukan melalui proses yang cukup panjang, dan berbelit.

“Sesuai dengan aturan, kita harus mengikuti itu ada izin dari Kemendagri, ya harus ada tanda tangan dari Komite ASN dan tanda tangan dari pak Mendagri,” kata Bima Arya, Jumat (3/2/2023).

Kendati demikian, Bima Arya mengaku perombakan jabatan di lingkup Pemkot Bogor pada tahun ini belum sepenuhnya rampung. Sebab, masih ada dua jabatan kepala dinas yang kosong. Pemkot Bogor pun akan langsung berkirim surat ke Kemendagri terkait rencana open bidding.

“Ada dua yang kita kosongkan untuk open bidding, yaitu Dinas PUPR dan Perpustakaan. Nah, dua ini langsung open bidding hari ini, langsung bersurat ke Kemendagri untuk segera diisi, karena kita betul betul ingin berlari,” ucap Bima Arya.

“Tadi saya semangati teman-teman semua, dan undang Prof Arif Satria (Rektor IPB) untuk memberikan motivasi dan semangat kepada ASN Kota Bogor, karena 11 bulan ini kita akan terus berlari untuk mengejar target-target kita” sambung dia.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya meminta agar seluruh pejabat yang baru saja dilantik agar bekerja sepenuh hati, memudahkan urusan warga, dan jangan sampai menyulitkan warga.

“Setiap tanda tangan kita itu, banyak artinya buat warga, setiap rupiah yang kita alokasikan itu mungkin mengubah nasib warga, saya ingin all out, saya ingin agar semua menjadi petarung, petarung untuk melayani warga dengan lebih baik lagi,” imbuh Bima Arya.

Saat ditanya apakah formasi perombakan pejabat dinilai sudah tepat, Bima Arya menegaskan jika ASN yang saat ini dilantik merupakan hasil proses yang maksimal.

Namun demikian, diakui Bima Arya pejabat yang dilantik tidak semua cocok, dan sesuai seperti yang diharapkan masing-masing.

“Pasti tidak semua sesuai, tapi Insya Allah prosesnya sudah sesuai dengan aturan sudah menimbang banyak hal, ya ini adalah formasi yang terus diperbaiki karena ada dua yang akan diisi,” papar dia.

Suami Yane Ardian itu juga menambahkan, akan ada beberapa kepala dinas yang juga akan segera berganti karena akan memasuki masa pensiun. “Tapi formasi wilayah, dan lain-lain sudah final lah,” tegas Bkma Arya.

Avatar

Dia berharap kepada seluruh pejabat yang baru dilantik benar-benar menjiwai, bekerja dengan hati, dan mengindari hal-hal yang tidak terpuji.

Bima Arya menargetkan proses open bidding akan dilakukan secepatnya, atau paling lambat satu atau dua bulan ke depan akan melantik dua kepala dinas yang kosong.

Sedangkan untuk kekosongan tersebut, Rena Da Frina yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Bogor Timur, dilantik menjadi Sekretaris Dinas PUPR. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep