25 radar bogor

Rakor POP 2023, IGI Dorong Peningkatan Peran Guru secara Profesional

Mengawali Program Organisasi Penggerak, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggelar Rapat Koordinasi di Hotel Millennium. (IGI for Radar Bogor)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menggelar Rapat Koordinasi di Hotel Millennium, baru-baru ini. Acara itu sekaligus mengawali dan membuka Program Organisasi Penggerak (POP) 2023.


Ketua umum IGI Pusat Danang Hidayatullah menjelaskan, rakor tersebut untuk menyusun program dengan mengundang dewan pendiri, dewan pembina, dewan pakar dan pengurus IGI Pusat serta panitia berkolaborasi dalam menyukseskan program tersebut.

“Tahun ini diharapkan dampak ke daerah sasaran lebih meningkat, dengan peran guru profesional dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan karakter siswa,” jelas Danang dalam keterangan diterima Radar Bogor, Minggu (29/1).

Kegiatan POP IGI menyentuh ribuan guru di 24 SD dan 25 SMP. Mereka juga menjangkau hingga 5 ribu guru dengan pelatihan.

Menurutnya, IGI merupakan salah satu organisasi yang sudah terdaftar dalam komunitas penggerak memiliki peluang untuk berpartisipasi dalam POP.

“Program ini akan mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang berkelanjutan dengan melibatkan peran serta organisasi. Fokus utamanya adalah peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik,” paparnya.

Ia menambahkan, organisasi Penggerak hadir sebagai langkah lompatan dan perwujudan inovasi pembelajaran untuk menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang fokus pada peningkatan literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.

Hal senada diungkapkan Dewan Pembina IGI Pusat Sururi Azis. Ia berharap agar pengurus IGI pusat hingga daerah mendukung program tersebut dengan komitmen bersama dalam memajukan pendidikan di Indonesia.


“Sejak keberadaan IGI sebagai organisasi profesi, mereka telah aktif fokus dalam peningkatan kompetensi guru,” jelas Sururi yang juga salah satu pendiri organisasi ini. (*/ysp)

Editor: Imam Rahmanto