25 radar bogor

CGM Masuk dalam KEN 2023, Kadisparbud: Magnet Promosi Wisata Bogor

Bazar rakyat yang berlangsung di Vihara Dhanagun dan menjadi pembuka Bogor Street Festival CGM 2023. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Bogor Street Festival Cap Go Meh telah resmi masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN 2023) yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (28/1).


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman mengungkapkan BSF CGM terpilih dalam 10 event terbaik dari 110 event di KEN 2023 karena memiliki hasil penilaian yang lebih baik dibandingkan wilayah dan event lainnya.

Hal itu menurutnya tak terlepas dari kinerja baik panitia dalam menyiapkan BSF CGM dan mempresentasikannya di depan para kurator. Masuknya BSF CGM dalam KEN 2023 disebut Atep bakal membawa sejumlah dampak positif.

BSF CGM akan dibantu Kemenparekraf dslam promosi, pemasaran, dan pelaksanaan. Selain itu BSF CGM juga akan dibantu lewat barang produksi sebagai wujud apresiasi Kemenparekraf.

“Semoga bantuan yang diberikan juga berdampak lebih luas. Promosi itu bukan sekadar membuat BSF CGM dikunjungi namun juga menjafi magnet promosi wisata bogor lain di tahun ini dan tahun depan,” harap Atep.

Ia juga mengatakan BSF CGM akan menjadi event pembuka rangkaian KEN 2023 karena penyelenggaraannya lebih dulu dibandingkan event lainnya yang lebih banyak digelar pertengahan tahun.

Sebetulnya BSF CGM sempat masuk ke dalam calender of event milik pemerintah pusat pada tahun 2020. Namun saat itu hanya menempati peringkat 50 besar.

Presiden Joko Widodo mengatakan, tahun 2023 menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Dirinya menuturkan pemerintah telah menggenjot pertumbuhan ekonomi lewat gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia yanh bertujuan mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri.

Selain itu, gerakan nasional ini juga diharapkan dapat mendongkrak wisatawan dari luar negeri 2 kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.


“Sebanyak 110 KEN dari seluruh Indonesia ini menjadi magnet yang akan menarik sebanyak-banyaknya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Untuk itu, kita harus berkolaborasi, bekerja sama memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan event yang menarik dengan menampilkan inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan daya saing,” ucap Jokowi. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto