25 radar bogor

Bogor Street Festival CGM Masuk jadi 10 Event Terbaik Pariwisata Nasional

Bogor Street Festival
Bima Arya saat membuka bazar Bogor Street Festival CGM 2023 di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (26/1/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Bogor Street Festival Cap Go Meh (BSF CGM) resmi masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN 2023). Program itu diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Sabtu (28/1) kemarin.


BSF CGM berhasil terpilih dalam mini showcase 10 event terbaik. Sebanyak 110 event dari 38 provinsi dikurasi Kemenparekraf.

Sejumlah penilaian yang dilakukan meliputi aspek penilaian pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreatifitas, manajemen event, strategi komunikasi, serta pengembangan bisnis dan pemasarannya.

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, event-event yang ada di wilayah berpotensi menjadi pemicu kebangkitan ekonomi dan pariwisata Indonesia. Menurutnya, setiap event dapat membuka peluang usaha, lapangan kerja, dan mengangkat budaya setempat.

Oleh karena itu, Sandi menekankan event daerah mesti diselenggarakan dengan lebih berkualitas. Dengan begitu, kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara akan semakin berkualitas dan memberikan dampak ekonomi.

“Saya mengajak asosiasi untuk menjemput bola, datang ke daerah kabupaten dan kota menawarkan event berkualitas. Dan saya harap event itu dapat berlangsung di awal tahun dibandingkan diujung karena dengan begitu bisa dillihat dampak yang lebih baik,” ucap Sandi.

Bogor Street Festival CGM bakal kembali digelar secara meriah di Suryakencana pada 5 Februari mendatang. Perayaan itu menjadi kebangkitan perdana usai dihantam pandemi selama dua tahun.


Berbagai rangkaian event Bogor Street Festival telah berlangsung di Vihara Dhanagun, pekan ini. Puncaknya, parade dan pawai yang akan kembali dipertunjukkan di sepanjang jalur wisata Suryakencana, Bogor Tengah. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto