25 radar bogor

Kemeriahan Malam Tahun Baru Imlek di Vihara Dhanagun

Sejumlah warga ikut merayakan dan menyambut Tahun Baru Imlek di Vihara Dhanagun Bogor, Sabtu (21/1) malam. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kemeriahan kembali tergambar di Vihara Dhanagun, Kecamatan Bogor Tengah di malam Tahun Baru Imlek 2574, Sabtu (21/1).


Sejumlah jemaah tampak terus berdatangan silih berganti sejak sore hingga malam hari. Dengan khidmat mereka melangsungkan seluruh prosesi sembahyang. Lilin-lilin raksasa yang sudah tersusun rapi di depan vihara sejak sehari lalu satu per satu dinyalakan.

Suasana meriah dan hangat amat tergambar dalam momen ini. Para jemaah saling bersalaman, bertegur sapa, dan mendoakan yang terbaik satu sama lainnya.

Salah satu jemaah, Pipin bahagia kondisi dapat kembali normal sedia kala. Karena di dua tahun sebelumnya mereka beribadah dalam situasi ketat dengan pembatasan. Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia membuat mereka tak leluasa bergerak.

“Bersyukur sekali bisa ramai lagi, dan bisa kembali berkumpul. Senang rasanya,” ucapnya.

Semakin malam, kondisi Vihara Dhanagun justru semakin ramai didatangi warga. Tak hanya umat Tionghoa saja, masyarakat dari agama lain pun turut berkunjung untuk melihat perayaan tahun baru Imlek di sana.

Salah satunya, Rona Mairansyah warga Kecamatan Bogor Barat. Ia bersama sang istri sengaja mampir untuk menengok karena tertarik dengan kemeriahan yang terjadi di Vihara Dhanagun.

Rona bersama istrinya menyusuri setiap sudut Vihara sembari sesekali mengabadikan momen di sana. Menurutnya, budaya dan kesenian yang ditampilkan sangat menarik dan mengundang antusiasme.

“Sudah sejak lama kami ingin melihat ke sini, namun baru terwujud sekarang. Bagus sekali kebudayaannya,” pujinya.

Ia berharap, tahun baru membawa keberkahan bagi umat Tionghoa dan seluruh masyarakat di Kota Bogor. Ia pun berdoa agar mimpi dan harapan para jemaah bisa terwujud.

Dekorasi Imlek yang begitu mencolok ternyata juga mengundang rasa penasaran para pecinta fotografi. Sejumlah fotografer tampak hadir lengkap dengan peralatan andalan untuk berburu foto terbaiknya.

Aktivitas jemaah menyalakan lilin, membakar dupa, dan prosesi sembahyang jadi momen yang paling dicari para fotografer.

Rudi, warga Jalan Roda, Kelurahan Gudang jadi salah satunya. Ia sengaja datang bersama rekan-rekannya yang memiliki hobi serupa untuk mengambil momen imlek tahun ini.

“Ini jadi waktu pertama saya kembali lagi ke sini. Biasanya setiap tahun kami datang, namun pandemi menghalangi sehingga kegiatan rutin ini tertunda 2 tahun,” tutur Rudi.

Suasana kian meriah ketika tim Barongsai mulai tampil menghibur para tamu. Suara keras khas Barongsai yang terdengar hingga Jalan Suryakencana juga menyita perhatian pengendara yang melintas. Beberapa di antara mereka menengok hingga menepi sejenak.


Pengurus Harian Vihara Dhanagun, Ayung Kusuma berharap di tahun baru Indonesia masih berada dalam situasi yang damai dan rukun. Tidak ada keributan soal agama sehingga seluruh masyarakat bisa hidup dengan sejahtera. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto