25 radar bogor

Kedua Kalinya, Kabupaten Bogor jadi Tuan Rumah Rakornas se-Indonesia

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Benni Irwan.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kabupaten Bogor kembali menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia Tahun 2023. Rakornas siap digelar pada Selasa (17/1) besok.


Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Benni Irwan menilai, sarana dan prasana di Kabupaten Bogor sudah memadai sehingga bisa dipilih menjadi lokasi acara nasional itu. Selain itu, Kabupaten Bogor dianggap memiliki kapasitas untuk menampung banyak peserta di SICC Sentul.

“Teman-teman kepala daerah juga ketika kembali ke daerahnya mendapat suatu nuansa yang bagus dan nyaman, bersosialisasi berkomunikasi dengan seluruh jajaran serta masyarakat di sekitar tempat kegiatan” terangnya, dalam keterangan resmi diterima Radar Bogor, Senin (16/1)

Di sisi lain, Benni juga berharap kegiatan Rakornas yang digelar di Kabupaten Bogor ini akan memberikan nilai tambah kepada Kabupaten Bogor di berbagai aspek kehidupan terutama untuk aspek ekonomi.

“Kegiatan di Bogor akan menambah PAD, karena hotel-hotel yang berada di sekitar kegiatan kita ini otomatis penuh semua. Kita sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada pemerintah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor,” tambah Benni.

Rakornas akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang dihadiri 4551 peserta yang terdiri dari beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota serta Forkopimda (Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, Kajari, Kepala PN, Danrem, Kepala BPN, BIN Daerah) se-Indonesia.

Selain untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah Pusat dan daerah, kegiatan ini bertujuan untuk penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

“Persolan penanganan inflasi, persoalan penanganan ekonomi dan lain-lain merupakan persoalan kita bersama. Tidak hanya pemerintah pusat yang bisa mengatasi persoalan-persoalan tersebut, ini hanya bisa diatasi secara bersama-sama, pemerintah pusat, kementerian dan lembaga di pusat, terutama juga keterlibatan, dukungan, kegotong royongan dari seluruh jajaran pemerintah daerah,” papar Benni.

Melalui kegiatan itu, ia berharap kebersamaan yang bagus untuk menghadapi sejumlah permasalahan nasional. Mulai dari angka inflasi hingga menghadapi dunia di tahun 2023.


“Intinya, mari kita dorong kembali agar terbangun semangat kegotong-royongan, semangat kebersamaan untuk mengatasi setiap persoalan yang terjadi di tengah-tengah bangsa dan negera kita ini,” pungkas Benni.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto