25 radar bogor

Tiba di Jakarta, Anwar Ibrahim Bertemu Jokowi di Istana Bogor Hari Ini

PM MALAYSIA
PM Malaysia Anwar Ibrahim berbincang bersama Menlu Retno Marsudi usai penandatanganan MOU

BOGOR – RADAR BOGOR, Indonesia mendapatkan kehormatan, karena menjadi negara pertama yang dikunjungi PM Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim, setelah ditunjuk sebagai perdana menteri pada akhir November 2022 lalu. Dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat hari ini, Senin (9/1). Isu perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia menjadi salah satu bahasan pertemuan keduanya.

Anwar Ibrahim bersama rombongan mendarat di Soekarno-Hatta Minggu (8/1) sore. Dia disambut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Seri Diraja Zambry Abdul Kadir. Kunjungan bilateral Anwar Ibrahim di Indonesia pada 8-9 Januari 2023 ini atas undangan Presiden Joko Widodo.

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Teuku Rezasyah mengatakan, suatu kehormatan bagi Indonesia jadi negara yang pertama dikunjungi Anwar Ibrahim. “Masalah pertama yang perlu dibahas adalah soal TKI,” katanya tadi malam (8/1).

Menurutnya banyak persoalan TKI atau PMI yang kerap mencuat dan jadi atensi kedua negara. Mulai dari masalah perbudakan, gaji tidak sesuai ketentuan, kekerasan, dan beban kerja berlebihan.

Masalah lain yang perlu dibahas adalah perbatasan. Seperti banyaknya jalan tikus yang bisa dimanfaatkan untuk perdagangan orang dan peredaran narkoba. Lalu juga persoalan tapal batas yang kerap memicu persoalan. “Soal tapal batas, misalnya bisa dibuat digital juga. Sehingga bisa dipantau lewat satelit,” jelasnya.

Kabar kedatangan PM Anwar Ibrahim ini sebelumnya pernah disinggung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Hal tersebut disampaikan usai menjamu Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, di Pejambon, Jakarta, Kamis (29/12) lalu. “Saya juga mendapatkan informasi bahwa PM Anwar Ibrahim juga berencana mengunjungi Indonesia pada awal tahun depan,” ujarnya.

Pernyataan tersebut diamini Zambry. Dia menyampaikan, orang nomor satu Malaysia tersebut bakal datang awal Januari 3023. “Kunjungan saya juga sebagai persiapan kunjungan resmi Perdana Menteri Malaysia ke Jakarta. Tencananya akan dilaksanakan pada awal Januari,” tuturnya.

Indonesia jadi negara lawatan pertama sang PM yang baru dilantik November 2022 lalu itu. Hal ini, menurut dia, Indonesia merupakan negara tetangga penting bagi Malaysia. Sama seperti yang diungkapkan PM Anwar ketika dilantik. “Indonesia tetap menjadi sahabat sejati dan tetangga penting bagi Malaysia,” ungkapnya.

Saat itu, belum banyak yang disampaikan olehnya mengenai agenda lawatan sang PM. Namun dia menegaskan, bahwa Malaysia siap memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia. Terutama, pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, Malaysia juga mendukung penuh Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023. Pihaknya meyakini, kepemimpinan Indonesia itu akan membuat kemajuan dalam membangun ASEAN yang lebih damai, inklusif, dan berkelanjutan.(JPG)

Editor: yosep/adli