25 radar bogor

Tahun Ini, Emas Diprediksi Bakal Tembus Rp1,6 Juta per Gram

Harga Emas Antam Tetap
Harga Emas Antam Tetap di Rp. 949.000

JAKARTA-RADAR BOGOR, Harga emas diproyeksikan akan naik tajam mencapai Rp1,6 juta per gram pada tahun 2023. Hal ini seiring dengan keyakinan bahwa emas adalah aset pengaman di saat resesi.


“Harga emas akan naik signifikan tahun ini di kisaran Rp1,5 juta – Rp1,6 juta per gram. Kita akan masuk pada fase emas sebagai aset pengaman disaat resesi,” kata Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira dikutip Jawa Pos, Minggu (8/1).

Bhima membeberkan ada sejumlah faktor yang akan memicu kenaikan harga emas pada tahun 2023 ini. Mulai dari faktor inflasi yang tinggi hingga tidak ditemukannya cadangan emas dalam jangka waktu pendek untuk meredam kenaikan harga.

“Faktor inflasi yang tinggi disertai berkurangnya kesempatan kerja atau biasa dikenal dengan stagflasi akan memacu investor membeli emas dalam jumlah besar,” beber Bhima.

Kedua, lanjutnya, beberapa negara memacu penerbitan bank emas atau bullion bank termasuk Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK). Itu artinya, emas akan jadi komoditi yang menarik dengan peminat semakin luas.

Ketiga, pengetatan moneter di negara maju membuat emas diandalkan sebagai hedging atau pelindung terhadap naiknya risiko suku bunga.

“Keempat, tidak ditemukan cadangan emas terbukti dalam jangka pendek sehingga outlook supply emas tidak akan meredam kenaikan harga,” tandasnya.

Sementara itu, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) meroket sebesar Rp10 ribu per gram pada perdagangan akhir pekan sejak Sabtu (7/1) lalu. Mengutip situs resmi Antam, harga satu gram emas batangan dibanderol Rp1.032.000 atau naik dibandingkan pada perdagangan hari Jumat yang dijual sebesar Rp1.022.000 per gram.


Kenaikan juga terjadi untuk harga pembelian kembali atau buyback sebesar Rp15 ribu menjadi Rp940 ribu per gram dari sebelumnya Rp925 ribu per gram pada Jumat (6/1). Meski begitu, Antam memastikan harga buyback emas mengikuti pergerakan harga emas dunia.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto