25 radar bogor

Gelar Pre-Launching Gerai Pemasaran, Komunitas Sahabat UMKM Dorong Anggota Naik Kelas

Komunitas Sahabat UMKM
Komunitas Sahabat UMKM, menggelar pre-launching gerai pemasaran produk-produk UMKM, di Mall Bogor Trade World, Kecamatan Bogor Tengah Rabu, (28/12/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Komunitas Sahabat UMKM, menggelar pre-launching gerai pemasaran produk-produk UMKM, di Mall Bogor Trade World, Kecamatan Bogor Tengah Rabu, (28/12/2022).

Baca Juga : Jokowi Dorong UMKM Go-Digital, Anggota DPR: Bisa ke Internasional

Founder dan Ketua Komunitas Sahabat UMKM, Deswaty Diningsih menjelaskan, gerai UMKM hadir dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang kerap dialami oleh para pelaku usaha.

“Mereka itu sering terkendala dengan tempat yang kurang memadai. Oleh karena itu kami buat gerai untuk membantu sistem pemasarannya,” tutur Deswaty.

Gerai UMKM Sahabat Deswaty yang berlokasi di Jalan Binamarga I, Kecamatan Bogor Timur itu, akan dibuka pada 2 Februari 2023 mendatang. Bangunan tersebut nantinya akan menampung produk-produk dari 150 anggota komunitas dan diproyeksikan sebagai sentra oleh-oleh Kota Bogor.

Deswaty mengatakan, komunitas garapannya tersebut memiliki misi membangun dan mengembangkan pasar UMKM di Kota Bogor. Cara yang dipilihnya melalui peningkatan nilai produk sehingga bisa diterima oleh pasar menengah ke atas.

“Kami memberikan dukungan pembiayaan produksi dan packaging bagi UMKM yang memenuhi standar kualifikasi. Selain itu, kami juga memberikan pendampingan atau pelatihan pengelolaan usaha untuk meningkatkan skill manajemen dan kepemimpinan mereka,” ucap Deswaty.

Dia mengatakan, dengan bermitra bersama komunitasnya para pelaku usaha akan mendapat bantuan pemasaran produk dengan standar yang ditetapkan, dibantu pendampingan dan mentoring, serta difasilitas pembiayaan desain dan cetak packagingnya.

Selain pre-launching, Komunitas Sahabat UMKM juga menggelar talk show Ngobrol Pintar Sukses Usaha (Ngopi Susu) dengan tema “Cara Jualan Mahal Pelanggan Tetap Loyal”. Hadir pada kesempatan tersebut Praktisi Branding UMKM, Wahyu atau akrab yang disapa Bang Way.

Deswaty berharap talk show yang digelarnya dapat menumbuhkan stimulus bagi anggotanya sehingga semangat untuk terus mengembangkan usaha hingga naik kelas.

Baca Juga : 141 Ribu Visitor Ramaikan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022

Kepala Bidang UMKM KUKMDAGIN Kota Bogor, Medi Sandora mengapresiasi gelaran tersebut. Menurutnya pembangunan gerai UMKM dan talkshow perlu terus digalakkan untuk mempromosikan produk yang dihasilkan.

“Kami dari Dinas juga punya rencana menempatkan etalase UMKM di hotel-hotel dan restoran. Selain itu kami juga akan mengadakan booth di kampung-kampung wisata yang dimiliki oleh Kota Bogor. Ini perlu dimanfaatkan untuk menitipkan produk,” ujarnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep