25 radar bogor

Wawancara dengan Bambang Pamungkas: Pesan kepada Timnas AFF Cup 2022

BAMBANG PAMUNGKAS
Bambang Pamungkas (kanan) bersama legenda Jerman Lothar Matthaus

QATAR-RADAR BOGOR, Legenda sepak bola Indonesia Bambang Pamungkas kemarin resmi meluncurkan produk eksklusif hasil kolaborasi dengan brand olahraga asli Indonesia, Specs.

Kolaborasi itu dinamai Bepe20 Shaman project. Produk yang dirilis mulai dari sepatu sepak bola hingga apparel.

Konsep, desain, pilihan warna, hingga detail produk adalah ide dan masukan dari mantan kapten timnas yang akrab disapa Bepe itu. Produknya merupakan visualisasi dari cerita perjalanan dia di lapangan hijau.

Boleh dijelaskan ini produk apa?

Ini sebenarnya sebuah refleksi di dalam karier saya. Sebuah filosofi yang selama ini saya jalankan dalam berkarier dan coba saya sampaikan kepada generasi setelah saya.

Karena saya atau karier saya itu contoh nyata bahwa walaupun talenta yang biasa-biasa saja, tapi jika kita bisa memaksimalkan apa yang kita miliki, kita bisa jadi pesepak bola.

Itu yang mau saya sampaikan. Jangan mudah menyerah. Jangan merasa rendah diri dengan talenta kalian. Karena kalau kalian kerja keras, maka bisa sukses.

Tiap produk mengandung filosofi?

Ya, banyak ya. Karena memang produk ini menceritakan perjalanan karier saya. Sejak awal hingga saya pensiun. Jadi, banyak detail-detail.

Ketika saya patah kaki, akan ada warna yang kemudian merepresentasikan gips atau tongkat mungkin. Ini lebih detail. Ketika memilih inim akan mengerti atau memahami karier saya.

Total akan ada berapa produk?

Ada 12 produk yang detail sekali. Semuanya personalize. Produk pertama warna hitam. Kenapa hitam, karena saya mengawali karier dan mengakhiri karier dengan sepatu hitam. Tapi, ke depan di seri berikutnya, akan ada warna-warna lain yang merepresentasikan saya. Seperti saya di Persija atau timnas.

Jadi, rencananya setiap tahun ada produk yang diluncurkan?

Setiap enam bulan.

Sepatu ini kemarin sudah dipakai di Qatar?

Ya, ini dipakai di Piala Dunia. Walaupun event-nya adalah fun football. (Saya) cetak tiga gol.

Kipernya siapa?

Kipernya Ali Al Habsi sama Jorge Campos

Selain launching produk, sudah jadi sportcaster juga?

Nggak lah. Itu kemarin event spesial Piala Dunia. Kesempatan saya untuk bisa mencoba. Ke depan kita akan lihat.

Ada pesan untuk timnas Indonesia di Piala AFF?

Semoga Indonesia bisa berprestasi. Bisa juara. Karena itu adalah salah satu hal yang dinantikan masyarakat Indonesia. Saya yakin seluruh rakyat mendukung dan mendoakan.

Editor: Yosep/Adli