25 radar bogor

Soal Papua, Yudo Pastikan TNI Kedepankan Penegakan Hukum

pelantikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

PAPUA-RADAR BOGOR, Operasi di wilayah Papua menjadi salah satu pekerjaan rumah Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar operasi dilakukan secara tegas dan tetap humanis.

“Kita lebih memajukan ke arah hukum sehingga nanti untuk para yang membuat onar di sana istilahnya, melanggar hukum, tentunya yang menggangu masyarakat akan kita tangkap dan diserahkan kepada Polri karena memang di sana operasinya penegakan hukum,” kata Yudo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12).

Selain itu, Yudo memastikan jika operasi teritorial tetap berjalan melalui Kodim, Korem, Koramil. “Karena memang masyarakat di sana sangat membutuhkan dukungan kita khususnya sekolah sekolah katanya banyak yang gurunya meninggalkan tempat. Ini TNI yang wajib untuk di sana,” ucapnya.

“Kemudian angkutan umum yang kurang ya kita bantu, supaya kegiatan sosial masyarakat tetap berjalan, tentunya kalau ada gangguan keamanan khususnya untuk penegakan hukum, tentunya kita akan membantu Polri untuk penegakan hukum,” tandas Yudo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12). Yudo Margono resmi menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Pelantikan sumpah dan jabatan terhadap Laksamana Yudo Margono itu dipimpin langsung Presiden Jokowi, yang kemudian diikuti oleh Yudo Margono.

Sumpah jabatan tersebut meminta Yudo Margono untuk setiap kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menajalankan tugasnya ke depan sebagai Panglima TNI. Serta, tugas yang dilakukannya harus berdasarkan Undang-Undang.

“Demi allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti pernyataan Yudo Margono.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” sambungnya.(JPG)

Editor: yosep/adli-pkl