25 radar bogor

Bendungan Ciawi-Sukamahi Diresmikan Pekan Ini, Warga Puncak Was-Was

Bendungan Ciawi-Sukamahi
Kondisi Bendungan Ciawi-Sukamahi di Kampung Cibogo, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Senin (19/12/2022).

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Suara bising alat berat memecah keheningan pagi di Kampung Cibogo, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Senin (19/12/2022). Suara bising itu, berasal dari lokasi proyek pembangunan Bendungan Ciawi-Sukamahi.

Baca Juga : Proyek Bendungan Ciawi Kembali Diprotes Warga, Ini Penyebabnya

Ade salah satu warga Kampung Cibogo, mengaku sudah biasa dengan suara bising yang berasal dari proyek Bendungan Ciawi-Sukamahi itu. Kata dia, aktivitas proyek berlangsung siang malam.

“Awalnya terganggu, lama-lama terbiasa. Mudah-mudahan cepet selesai. Kalau selesai mungkin sudah tidak bising lagi,” katanya saat ditemui Radar Bogor, Senin (19/12/2022).

Ade mengatakan, akibat suara bising tersebut, warga mendapatkan kompensasi. Namun, kata Ade, bantuan tidak diambil oleh warga. “Ada bantuan ke warga, tapi diarahkan (kompensasi kebisingan) untuk dibangun masjid,” tuturnya.

Perihal rencana Bendungan Ciawi-Sukamahi akan segera diresmikan dan dioperasikan, akhir tahun ini, Ade mengaku cukup was-was.

Ade beralasan, jarak pemukiman tempat ia tinggal dengan Bendungan Ciawi-Sukamahi cukup dekat. Sekitar 200 meter. Bahkan, dari kampungnya itu, ia bisa melihat dengan cukup jelas penampakan bendungan yang memiliki luas 39,40 hektare itu.

“Was-was pasti ada. Apalagi ini bendungan besar pengendali Sungai Ciliwung. Takut rembes atau longsor. Mudah-mudahan tidak,” ujarnya.

Senada dikatakan Wawan, warga Desa sukamahi, Kecamatan Megamendung. Ia cukup bangga dengan adanya dua bendungan raksasa di wilayahnya. Namun, rasa was-was kerap menghantuinya. “Apalagi waktu ada longsor saat proses pembangunan bendungan dulu itu,” ujarnya.

Namun, perasaan berbeda dikatakan warga Jakarta. Rendra Setiawan salah satunya. Wisatawan asal Jakarta yang tengah berlibur di Puncak itu terlihat sumringah. Dia mengaku, menanti beroperasinya Bendungan Ciawi-Sukamahi.

“Saya senang sih kalau sudah bisa beroperasi. Mudah-mudahan Jakarta tidak banjir lagi,” katanya kepada Radar Bogor Senin (19/12/2022).

Sementara itu, peresmian Bendungan Ciawi-Sukamahi, dijadwalkan Rabu (21/12/2022). Informasi yang dihimpun Radar Bogor, Bendungan Ciawi-Sukamahi akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Direncanakan, Presiden Jokowi akan menuju Bendungan Ciawi terlebih dahulu pada pukul 10.20 WIB. Kemudian dilanjutkan menuju Bendungan Sukamahi pada pukul 11.00 WIB.

Kepala Desa Sukamahi Budi Mamat mengatakan, peresmian kedua bendungan tersebut, tidak ada persiapan khusus. “Kita hanya ketempaatan, tidak ada persiapan khusus,” katanya kepada Radar Bogor Senin (19/12/2022).

Baca Juga : Pasca Longsor di Bendungan Ciawi, Ridwan Kamil Cek Kondisi di Lapangan 

Senada dikatakan Camat Megamendung, Acep Sajidin. Menurut dia, untuk peresmian Bendungan Ciawi-Sukamahi, pihaknya hanya bersifat menghadiri.

“Jadi tidak ada persiapan khusus. Itu semua sudah dari sananya. Kita paling menjaga kebersihan lingkungan saja,” tukasnya. (all)