Pasca Longsor di Bendungan Ciawi, Ridwan Kamil Cek Kondisi di Lapangan 

Bendungan Ciawi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek langsung kondisi Bendungan Ciawi, Senin (25/7/2022).

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Pasca longsor 18 Juli 2022 lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek langsung kondisi Bendungan Ciawi, Senin (25/7/2022). Pengecekan dilakukan untuk memastikan persiapan peresmian oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga : Mengerikan, Bendungan Ciawi Longsor. Lihat Videonya!

“Insyaallah tahun ini akan selesai. Akan diresmikan oleh bapak Presiden. Sehingga saya datang untuk memastikan persiapan-persiapan layak. Dan juga untuk melaporkan kepada masyarakat,” kata Ridwan Kamil kepada Radar Bogor.

Ridwan Kamil juga mengatakan, proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang memakan biaya hampir Rp16 triliun itu, nantinya bisa mengurangi air hujan yang masuk ke Ciliwung pada musim hujan.

“Dua bendungan ini beres, akan mengurangi volume air yang mengalir begitu saja ke Ciliwung,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, proyek Bendungan Ciawi, di Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor sempat longsor. Satu sepeda motor tertimbun. Informasi yang dihimpun longsor terjadi pada Senin (18/7/2022).

Longsornya Bendungan Ciawi itu dibenarkan Kades Cipayung, Cacuh Budiana. “Tidak ada korban jiwa, hanya motor yang tertimbun. Ada satu motor,” katanya saat ditemui Radar Bogor di Kecamatan Megamendung.

Sementara itu, Camat Megamendung, Acep Sajidin memaparkan, longsor tersebut merupakan yang kedua kalinya di tempat yang sama. “Iya, informasi yang saya dapat itu kedua kalinya. Lokasinya sama,” paparnya.

Detik-detik longsornya Bendungan Ciawi terekam kamera ponsel. Dalam video berdurasi 48 detik itu, nampak sejumlah pekerja berlarian menghindari longsoran. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya