25 radar bogor

Argentina Lolos ke Final, Lionel Messi Cetak Rekor Baru

Para pemain Argentina merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Kroasia. (Diablo AS)

LUSAIL-RADAR BOGOR, Argentina sukses melaju ke final Piala Dunia Qatar 2022. Dalam partai semifinal di Lusail Stadium dini hari ini WIB (14/12), Argentina berhasil membekap Kroasia dengan skor 3-0.

Baca Juga : Argentina VS Kroasia: Adu Penalti? Gass Siapa Takut!

Ketiga gol Argentina lahir dari penalti Lionel Messi pada menit ke-34 dan dua gol dari striker Julian Alvarez pada menit ke-39 dan 69.

Dengan keberhasilan ini, Argentina mampu mencapai enam final Piala Dunia. Argentina mampu menembus dua final dalam tiga edisi terakhir. Tim Tango juga mencapai final pada 2014.

Hanya Jerman yang berhasil menembus final lebih banyak ketimbang Argentina. Jerman bermain pada partai puncak Piala Dunia sebanyak delapan kali. Koleksi final Argentina sama dengan Italia dan Brasil.

Baca Juga : Messi Cetak Satu Gol dan Satu Assist, Pelatih Meksiko : Saya Kenal Dia

Selain itu, striker Argentina Julian Alvarez juga mencatat rekor penting. Pada usia 22 tahun dan 316 hari, Alvarez adalah pemain termuda kedua dalam sejarah yang mencetak dua gol pada semifinal Piala Dunia. Alvarez hanya kalah dari legenda terbesar Brasil, Pele.

Pele mencetak tiga gol ke gawang Prancis pada semifinal Piala Dunia 1958. Saat itu, Brasil membekap Prancis dengan skor 5-2. Ketika itu, Pele berusia 17 tahun dan 249 hari.

Baca Juga : Amerika Selatan Sodorkan Warisan Pele-Maradona untuk Piala Dunia 2030

Secara total, Alvarez membukukan empat gol sepanjang Piala Dunia 2022. Dia menjadi orang Argentina kedua yang mencetak empat gol pada satu Piala Dunia ketika berusia maksimal 22 tahun. Orang Argentina pertama yang melakukannya adalah Gonzalo Higuain. Dia mendulang empat gol pada Piala Dunia 2010.

Selain Alvarez, Messi juga mencatat rekor luar biasa. Dia menjadi orang pertama yang mencetak gol dan assist pada empat pertandingan di Piala Dunia. Yakni melawan Serbia (2006), Meksiko (2022), Belanda (2022), dan Kroasia (2022).

Total, Messi mendulang 11 gol pada Piala Dunia. Dia menjadi top scorer Argentina dalam sejarah Piala Dunia.

Semifinal dini hari ini adalah penampilan Messi yang ke-25 pada Piala Dunia. Dia menyamai jumlah penampilan legenda Jerman Lothar Mattheus. Baik Messi dan Mattheus adalah pemain dengan catatan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Jika Messi bermain pada partai final Piala Dunia 2022, Messi resmi menjadi pemain dengan penampilan paling banyak dalam sejarah Piala Dunia. (jpc)

 

Editor : Ruri Ariatullah