25 radar bogor

Warga Waswas, Ular Sanca Sering Berkeliaran di Desa Ini

Ular Sanca sepanjang empat meter ditangkap warga di Kampung Selaawi, RT 02/02, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Senin (5/12). (Tangkapan layar)

CARINGIN-RADAR BOGOR, Ular Sanca sepanjang empat meter ditangkap warga di Kampung Selaawi, RT 02/02, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Senin (5/12). Penemuan ular sanca berukuran besar ini bukan kali pertama terjadi.

Baca Juga: Ular Tiga Meter Teror Karyawan UPT Pajak Ciomas

Ular tersebut nyaris memakan korban. Lantaran berada di tempat pengolahan sampah milik salah seroang warga.

Pemilik pengolahan sampah Udin Samsudin menuturkan, ular tersebut ditemukan pekerjanya saat hendak mengangkut sampah. Sebelum ditemukan, ia sempat mendengar suara mendesis yang berasal dari tumpukan sampah.

“Ketika hendak diangkut, ada ular di bawah tumpukan sampah,” katanya kepada Radar Bogor, Senin (5/12).

Dalam keadaan panik, Udin dan beberapa pekerjanya pun langsung menghindari ular tersebut. Ia pun mencoba meminta bantuan warga lainnya untuk menangkap ular itu.

“Untung di lokasi ada warga sekitar yang sudah biasa menangkap ular. Kami minta tolong dia menangkap ular itu,” kata pria yang menjabat sebagai Ketua RT 05, Kampung Bojong Koneng tersebut.

Udin menambahkan, penemuan ular di sekitar lokasi ini sudah keempat kalinya. Bahkan, belum lama ini warga sempat menangkap jenis ular yang sama. Sayangnya, ular hilang saat hendak dievakuasi.

“Ya justru karena sering ada ular di sekitar sini, warga jadi takut. Apalagi suka banyak anak-anak yang bermain di sekitaran sini,” paparnya.

Baca Juga: HIV-AIDS Kota Bogor Terus Meningkat, 98 Kasus Seks Sesama Lelaki

Sementara itu, warga Saprudin Jefri mengimbau agar masyarakat lebih waspada. Mantan Kepala Desa Ciherang Pondok dua periode itu khawatir masih ada ular lainnya yang bersembunyi di sekitar lokasi. Terlebih, masih terdapat banyak semak belukar dan area perkebunan.

“Betul, harus selalu waspada. Saya khawatir masih ada ular lain, entah itu induknya atau ular jenis lainnya bersembunyi di sekitar perkampungan warga. Karena wilayah ini masih banyak pepohonan rimbun dan semak belukar yang sangat berpotensi menjadi sarang ular,” tukasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto