25 radar bogor

Jalan Sholis Ambles dan Bikin Macet, Underpass Bakal Menyusul?

Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) yang sempat diberlakukan contraflow untuk menghindari jalan ambles, baru-baru ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) yang tiba-tiba ambles masih menyebabkan kemacetan di sepanjang ruas jalan. Assemen terhadap jalan terus dikebut untuk bisa ditangani secara tepat.

Ruas Jalan Sholis di Kota Bogor mengundang sejumlah persoalan selama setahun terakhir. Padahal, beberapa pengerjaan jalan belum rampung sepenuhnya.

Baca Juga: Jalan Solis Kerap Ambles, Pengamat Tata Kota Soroti Hal Ini

Dimulai dari jalan ambles di ruas yang mengarah ke Cilebut, awal tahun 2022. Baru saja jalan itu dibuka untuk kendaraan, kerusakan lain berlanjut ke ruas jalan di depan UIKA yang “bolong” tiba-tiba, akhir November lalu. Orang-orang menyebutnya “black hole”.

Kini, kerusakan lainnya juga masih menghantui pengendara di ruas underpass Sholis. Bukan hanya soal penutup drainasenya yang sering copot. Melainkan kerawanan lain terkait kebocoran di area terowongan tersebut.

Akan tetapi, Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menilai underpass masih cukup aman. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor diakuinya sudah pernah melakukan assesmen terhadap underpass Sholis.

Hasilnya adalah tidak menunjukkan adanya kerawanan tinggi.

Meski begitu, Dedie berjanji bakal kembali melakukan permohonan kepada Balai Besar jalan Nasional DKI-Jabar agar melakukan pemeriksaan ulang untuk kondisi kebocoran underpass Solis.

“Tetapi kewaspadaan sudah kita tunjukkan dalam bentuk permohonan kita kepada Balai Besar Jalan Nasional untuk memeriksa ulang, apakah kebocoran itu nanti bisa menimbulkan bencana,” tandasnya.

Baca Juga: Jalan Sholis yang Ambles, Penyebabnya Belum Ketahuan

Ia berharap, permintaan assesmen itu bisa menjadi langkah memitigasi bencana lanjutan di Kota Bogor. Terlebih, underpass Sholis menjadi jalur utama para pengendara baik roda dua maupun roda empat. (*/ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto