25 radar bogor

Ditutup 9 Bulan, Jembatan Otista Bakal Punya Empat Lajur. Ada Jalur Trem!

Jembatan Otista
Wali Kota Bima Arya saat mengecek Jembatan Otista.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jembatan Otista, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor akan dibongkar total dan dibangun ulang pada awal 2023 mendatang.

Baca Juga : Siap Revitalisasi, Jalan Otista Bogor Ditutup 9 Bulan

Rencananya Jembatan Otista akan diperluas dan memiliki empat lajur, sehingga dapat mengurai kemacetan yang disebabkan bottleneck atau penyempitan jalan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, Jembatan Otista akan memiliki empat lajur seperti jalan arah SSA. Selain itu, nantinya Pemkot akan menyiapkan jalur khusus perkeretaapian dalam kota atau trem.

“Ada jalur untuk trem nanti disiapkan. Kita antisipasi untuk koridor trem di masa depan. Jadi selain dilebarkan menjadi empat lajur tadi, ada jalur khusus untuk trem juga konstruksinya,” kata Bima Arya, Selasa (22/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, nantinya Jembatan Otista memiliki lebar jalan yang bertambah mencapai sekitar 5,5 meter. Selain jalur khusus trem, akan ada jalur pedestrian yang lebarnya akan disesuaikan.

Selain itu, lanjut Chusnul, pengerjaan pembangunan jembatan akan dilakukan sepanjang sekitar 50 meter. Dengan menarik garis lurus dari Tugu Kujang hingga ke jembatan.

“Kalau kita maksimalkan menggunakan lajur mobil empat lajur, dari Tugu Kujang sampai jembatan, berarti akan ada penambahan lagi kurang lebih 5,5 meter-an lebarnya. Panjang dibangun bentangnya kurang lebih sekitar 50 meter,” paparnya.

Lebih lanjut, Chusnul menjelaskan, selama pembangunan nanti seluruh struktur jembatan akan dibongkar total dan akan dibangun struktur baru. Pengerjaan tidak dilakukan sebagian karena target pengerjaan hanya sembilan hingga 10 bulan, diperkirakan mulai dari April sampai Desember 2023.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal menutup Jalan Otista yang terletak di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada tahun depan.

Penutupan Jalan Otista sendiri dilakukan menyusul Pemkot Bogor berencana membangun dan melebarkan Jembatan Otista. Diperkirakan pengerjaan jembatan bakal memakan waktu selama 9 bulan.

“Jadi Insya Allah Desember ini kita akan mulai proses pembangunan Jembatan Otista. Desember akan dibuka lelang untuk MK, konsultan manajemen konstruksi selama dua bulan sampai Januari,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya usai meninjau Jembatan Otista, Selasa (22/11).

Setelah itu, tahapan selankutnya akan dilakukan review untuk desain selama satu bulan, sampai Februari.  Kemudian pada Februari akhir Jembatan Otista akan mulai lelang untuk konstruksinya.

“Selama satu bulan targetnya. Jadi ditargetkan April idealnya, awal, untuk groundbreaking Jembatan Otista ini,” ucapnya.

Baca Juga : Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM, Mahfud MD: Cabut SP3, Perkara Dilanjutkan

Menurut Bima Arya, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian hingga Dishub Kota Bogor, untuk melakukan pengkondisian.

Mengingat, imbas pembangunan Jembatan Otista yang menelan anggaran Rp52 miliar dari bantuan Pemprov Jabar ini, Jalan Otista kemungkinan besar akan ditutup total selama pengerjaan, dengan tujuan mengejar waktu pembangunan selesai sesuai dengan target yang sudah ditentukan. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep