25 radar bogor

GAN Boyong Ahli Patah Tulang Cimande, Tangani Cedera Otot Pengungsi Cianjur

Patah Tulang
Salah satu ahli patah tulang dari relawan Gerakan Anak Negeri saat mengobati warga korban gempa Cianjur. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

CIANJUR-RADAR BOGOR, Gempa yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang memberikan dampak kesehatan pada masyarakat. Banyak warga mengalami masalah otot, keseleo, bahkan patah tulang.

Baca Juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, Gerakan Anak Negeri Buka Posko Kesehatan 

Merespons kondisi ini, Gerakan Anak Negeri (GAN) bergerak cepat memberikan bantuan dengan menghadirkan ahli patah tulang dari Cimande.

GAN membangun posko bantuan penanganan masalah patah tulang di RW 01 Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur pada Selasa (22/11/2022).

Sebanyak 3 ahli patah tulang diterjunkan merilis otot-otot korban bencana. Tampak belasan pengungsi mengantre menunggu giliran.

Bantuan ini pun disambut gembira para pengungsi. Salah satunya, Asep Suhendar (32) tanpa pikir panjang ia langsung mengajukan diri untuk mendapat penanganan.

“Saya keseleo saat menyelamatkan diri dan keluarga. Dari semalam menahan rasa sakit. Begitu dengar ada pengobatan ini langsung datang dan minta diobati,” keluhnya.

Asep bersyukur atas bantuan pengobatan patah tulang yang diberikan GAN. Dirinya berterima kasih keluhannya bisa teratasi dengan cepat dan gratis.

“Terima kasih banyak. Kalau nyari sendiri pasti bakal susah. Di sini semua lagi sibuk masing-masing. Apalagi bencananya luas. Pasti butuh waktu dan biaya. Dengan adanya ini saya jadi sangat terbantu sekali,” ucap Asep.

Penanggung jawab GAN, Hazairin Sitepu menuturkan hal itu dilakukannya untuk membantu warga meringankan masalah kesehatan yang dialami. Sebab menurutnya pada kondisi seperti ini warga sangat kesulitan mendapatkan penanganan dikarenakan penuhnya rumah sakit.

Baca Juga : Begini Aksi Relawan Gerakan Anak Negeri Bantu Korban Gempa Cianjur

Hazairin memohon kepada masyarakat untuk keselamatan para korban serta relawan yang membantu para korban di lokasi bencana.

“Mohon doa untuk masyarakat yang tertimpa malapetaka ini. Mohon doakan kami juga semoga yang kami lakukan dapat menolong saudara-saudara di sana,” harapnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep