25 radar bogor

Bantu Korban Gempa Cianjur, Gerakan Anak Negeri Buka Posko Kesehatan 

gempa cianjur
Aksi relawan Gerakan Anak Negeri saat membantu korban benca gempa Cianjur, Selasa (22/11/2022)/. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

CIANJUR-RADAR BOGOR, Bencana alam gempa bumi yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) membawa kepiluan bagi masyarkat korban terdampak.

Baca Juga : Begini Aksi Relawan Gerakan Anak Negeri Bantu Korban Gempa Cianjur

Seperti yang dialami warga RW 01 Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Sebanyak 320 keluarga terdampak bencana luar biasa ini. Hampir 90 persen rumah warga hancur dan tidak dapat dihuni lagi.

Warga terdampak terpaksa membangun tenda darurat dengan bahan seadanya di ruang-ruang terbuka seperti kebun dan pelataran rumah.

Gerakan Anak Negeri (GAN) berangkat dari Kota Bogor sejak Senin (21/11/2022) malam meninjau dan memberikan makanan siap santap kepada para pengungsi.

Tak berhenti di situ GAN kembali hadir di lokasi bencana membangun posko kesehatan di RT 03 RW 01, Desa Cikancana. Seorang dokter dan 7 perawat diboyong untuk memberikan penanganan kesehatan kepada para pengungsi.

Bantuan ini pun disambut antusias para pengungsi. Tampak sejumlah pengungsi mengantre untuk mendapat penanganan kesehatan. Para korban diskrining tekanan darah dan keluhannya.

Salah seorang pasien, Nina Kartika (50) bersyukur atas bantuan pelayanan kesehatan yang diberikan. Nina sempat pesimis dengan keluhan yang dideritanya. Sebab kondisi Rumah Sakit (RS) di wilayah setempat sedang ramai dan sibuk membuatnya mengurungkan diri untuk berobat

Dirinya bersyukur atas bantuan yang berikan. Nina berterima kasih sebab kehadiran GAN dirasanya amat membantu masyarakat yang kini banyak mengalami masalah kesehatan.

“Alhamdulillah ada bantuan ini saya bisa mendapat pelayanan dengan mudah dan gratis. Karena kalau ke RS sekarang pasti sangat susah dan ramai. Bantuan ini membantu sekali,” syukurnya.

Penanggung Jawab GAN, Hazairin Sitepu mengatakan gerakan yang diinisiasinya dilakukan sebagai respons atas bencana luar biasa yang tengah dipikul oleh masyarakat Cianjur.

“Gerakan ini biasa kami lakukan membantu bencana-bencana yang terjadi di tanah air. Sejak bencana di Aceh, gempa Jogja, gempa Padang, dan bencana nasional lainnya,” tuturnya.

Koordinator Lapangan GAN, Iqbal Muhammad menjelaskan pada gelombang pertama GAN membawa tenaga medis seorang dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bogor dan Paramedis dari PPNI.

Baca Juga : Cianjur Butuh Makanan dan Tenda, Satu Nasi Kotak Dimakan Tiga Orang

“Kami paham RS saat ini sedang penuh dan sibuk sekali maka dari itu kami datangi sendiri posko-posko warga terutama di Desa Cikancana yang belum banyak tersentuh bantuan,” jelasnya.

Ke depan Iqbal mengatakan GAN akan membawa logistik dari Kota dan Kabupaten di sekitar Cianjur. “Karena logistik di Cianjur susah kami mendorong logistik dari Radar Bogor, Radar Sukabumi, dan Radar Bandung,” terangnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep