Unik dan Bersejarah, Piala Dunia 2022 Lantunkan Ayat Alquran

Pembukaan
Aktor Hollywood Morgan Freeman bersama Ghanim Al Muftah dalam Opening Ceremony FIFA World Cup 2022 Qatar.

BOGOR-RADAR BOGOR, Piala Dunia 2022 akhirnya resmi dimulai, Minggu (20/11). Uniknya, Opening Ceremony FIFA World Cup 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor itu memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Momen itu menjadi pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia. Pembukaan diawali dwngan lantunan ayat suci Alquran. Suara merdu itu membuat seisi stadium berkapasitas 60 ribu tempat duduk itu takjub dan terpana.

Baca Juga: Bir Dilarang Dijual di Area Stadion Piala Dunia, Ini Alasan Qatar

Potongan ayat dari Surat Al Hujurat ayat 13 dilantunkan dengan indah oleh Ghanim Al Muftah. Ia juga berdialog dengan aktor papan atas Hollywood, Morgan Freeman, yang menjadi narator untuk acara pembukaan tersebut.

Keduanya saling berkisah tentang kemanusiaan dan persatuan. Soal kemanusiaan itulah, Ghanim Muftah lalu melantunkan ayat 13 dari Al Hujurat.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” terjemahan dari ayat tersebut.

Momen Piala Dunia 2022 dibuka dengan lantunan ayat suci menjadi sejarah yang pertama kalinya dalam perjalanan gelaran dunia itu. Qatar berani menampilkan nuansa berbeda itu sebagai pesan perdamaian, untuk kemanusiaan.

Ghanim Al Muftah merupakan duta atau brand ambassador Piala Dunia 2022 Qatar. Ia dinilai FIFA sebagai tokoh inspiratif karena mampu berkarya di tengah keterbatasan serta menginspirasi banyak orang.

Ghanim lahir dengan kondisi Caudal Regression Syndrome (CDS). Itu merupakan penyakit langka bahwa penderitanya lahir dengan kondisi tanpa bagian tubuh yang utuh.

Dalam pembukaan Piala Dunia 2022, medley nyanyian resmi Piala Dunia dari masa ke masa juga sempat diputar. Tak ketinggalan, menampilkan maskot dari negara masing-masing yang pernah menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Kick Off Piala Dunia 2022, Dibuka Qatar vs Ekuador. Ini Jadwal Lengkapnya!

Selain itu, upacara pembukaan tersebut semakin meriah dengan penampilan artis Korea Selatan, Jungkook. Personel BTS itu menyanyikan Dreamers yang menjadi salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022.

Sebagai kick-off Piala Dunia 2022, Timnas Qatar sebagai tuan rumah menghadapi Ekuador. Namun, laga pembuka itu memaksa tuan rumah harus pasrah dibobol dua gol tanpa balas oleh Ekuador.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya