Hotel Tidak Kunjung Rampung, DPRD Bakal Panggil Direksi PT Sayaga Wisata

Hotel Sayaga
Hotel Sayaga yang dimiliki oleh pemkab Bogor melalui APBD belum rampung sejak dibangun 2017 silam. (Radar Bogor/ Septi Nulawam)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Belum juga beroperasi, Komisi II DPRD Kabupaten Bogor melayangkan surat pemanggilan ke direksi PT Sayaga Wisata mengenai pembangunan Hotel Sayaga. Sejak dibangun pada 2017, hotel berpelat merah itu tidak kunjung rampung.

Baca Juga: Warga Korban Banjir Pakansari Dapat Bantuan CSR, Sayaga Wisata Didesak Segera Selesaikan Pembangunan Hotel

“Kita akan panggil direksinya dalam waktu dekat, kita ingin Hotel Sayaga dapat segera beroperasi dan memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Lukmanudin Ar-Rasyid saat dikonfirmasi Radar Bogor, Jumat (18/11).

Pihaknya ingin jajaran direksi PT Sayaga Wisata dapat mengambil langkah tegas untuk menyelesaikan proyek hotel yang berada di Jalan Tegar Beriman, Cibinong itu.

Beberapa persoalan dalam proses pembangunannya, lanjut Lukmanudin, harus dapat diselesaikan PT Sayaga Wisata dengan pihak ketiga yang dipercaya membangun hotel tersebut.

“Dari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), adanya denda keterlambatan pekerjaan yang nilainya cukup besar. Namun pihak Sayaga harus dapat menyelesaikan, baik pemutusan kontrak atau seperti apa,” ujar Lukmanudin.

Komisi II DPRD pun telah meminta rekomendasi hasil perhitungan konsultan proyek Hotel Sayaga.

Untuk diketahui, Pemkab Bogor telah menyuntik dana sebanyak dua kali untuk pembangunan Hotel Sayaga dengan total sebesar Rp68 miliar.

Pada 2017, Pemkab Bogor mengucurkan anggaran dari APBD sebesar Rp36,3 miliar. Kemudian 2021, Pemkab Bogor kembali mengucurkan anggaran sebesar Rp39 miliar dengan tender yang dimenangkan perusahaan konstruksi yang berbeda.

Baca Juga: Sayaga Wisata Serahkan Masalah Kerugian Korban Banjir Ke Pemkab Bogor

Selain itu, Pemkab Bogor juga harus mengeluarkan uang sebesar Rp8,5 miliar untuk pengadaan interior hotel Sayaga dan Rp1,7 miliar untuk biaya konsultan pengawas pembangunan Hotel Sayaga.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya