SMP Al Mustarih Keliling Radar Bogor, Tumbuhkan Minat Remaja jadi Wartawan

Smp al mustarih
SMP Al Mustarih berkeliling redaksi Radar Bogor. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kali ini giliran murid-murid SMP Al Mustarih yang berkunjung ke Gedung Graha Pena, Jumat (11/11). Mereka penasaran melihat bagaimana kerja-kerja media cetak maupun online.

Baca Juga: Selami Dunia Jurnalistik, SMP IT At Taufiq Sambangi Radar Bogor

Seperti dalam open house sebelumnya, para pelajar diajak untuk berkeliling. Tak ketinggalan, diawali dengan materi dari kru redaksi Radar Bogor.

Tak hanya melihat Radar Bogor secara langsung, rombongan SMP Al Mustarih juga bisa melihat kerja-kerja dari beberapa media yang merupakan anak grup Radar Bogor. Semuanya tergabung dalam satu gedung di kawasan Jalan KH Abdullah Bin Nuh itu.

Guru pendamping SMP Al Mustarih, Bertha ikut senang dengan antusiasme anak-anak didiknya. Sejak awal, ia sangat menyambut baik undangan Open House dari Radar Bogor.

“Kita berharap kunjungan ini membuat anak-anak tertarik menjadi wartawan atau bekerja di dunia media ke depannya,” tandasnya di sela-sela berkeliling ruang redaksi.

Salah satu redaktur Harian Radar Bogor, Pipin Apriani menjadi juga cukup bersemangat menjadi pemandu bagi para pelajar itu di Graha Pena.

Ia menceritakan bagaimana proses dan kerja-kerja di dunia jurnalistik. Pekerjaan yang dilakoni itu pun tidak semudah yang selama ini terlihat dari produknya.

“Radar Bogor tidak hanya berkaitan dengan koran sebagai media cetaknya, tapi sekarang mengikuti perkembangan zaman. Sudah ada tranformasi digital, termasuk bagaimana kita mengemas berita di media online dan media sosial agar dibaca oleh semua kalangan, termasuk remaja-remaja,” terang Pipin.

Baca Juga: Pelajar Geruduk Radar Bogor, Belajar Menyaring Berita Hoaks

Ia juga berharap, murid-murid bisa mengenal dunia jurnalistik melalui sekolahnya masing-masing. Pengenalan itu juga bisa dimulai dari membangun budaya literasi di kalangan pelajar.(*)

 

Berita Lainnya