25 radar bogor

Kenang Jasa Pahlawan, Forkopimda Kota Bogor Ziarah ke TMP Dreded

Ziarah makam pahlawan
Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dreded, Kamis (10 /11/2022). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Jajaran Forkopimda Kota Bogor menggelar ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kecamatan Bogor Selatan pada Kamis (10/11/2022).

Baca Juga : Yuk! Ramaikan Hari Pahlawan dengan Twibbon Menarik, Ini Linknya

Ziarah diawali dengan Upacara Hari Pahlawan Nasional di depan monumen TMP Dreded. Komandan Kodim 0606 Suryakancana, Letkol Inf Ali Ikhwan bertindak sebagai inspektur upacara tersebut.

Selanjutnya jajaran Forkopimda mengunjungi pusara para pahlawan. Untaian doa dipanjatkan untuk kebaikan mendiang pejuang kemerdekaan itu. Rangkaian ziarah kemudian ditutup dengan penaburan bunga.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan peringatan hari pahlawan nasional perlu diperingati dengan renungan sungguh-sungguh agar jejak-jejak perjuangan pahlawan dapat tumbuh dan dihidupkan kembali.

Sebab menurutnya semangat dan pengorbanan para pahlawan di masa sebelum kemerdekaan sangatlah luar biasa. Bahkan hingga tetes darah penghabisan.

“Pahlawan harus terus jadi tauladan bagi kita untuk mengarungi masa depan yang penuh tantangan. Hal itu harus diperjuangkan bersama. Karena kita semua punya modal besar jadi bangsa pemenang. Harus bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang,” ucap Bima.

Upaya menghadapi tantangan seperti pemanasan global, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih dapat dilakukan dengan meneruskan pengembangan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Kemudian juga mengembangkan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal.

Selain itu pengelolaan sumber daya alam dan air mesti juga dilakukan dengan bijak. Sehingga keberlangsunyan hidup masa kini dan nanti akan jauh lebih baik.

Tantangan lain yakni kemiskinan dan kebodohan menurutnya dapat diatasi dengan meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, budidaya dan pengelolaan hasil bumi.

Baca Juga : Hari Pahlawan, Makam KH Idham Chalid Cisarua Ramai Didatangi Peziarah

“Inilah tantangan bagi pejuang muda bagi kejayaan bangsa. Mari kita rajut kesejahteraan bersama pahlawan masa depan. Kita harus isi kemerdekaan ini dengan menjadi pahlawan bagu diri sendiri, keluarga, dan lingkungan,” ujarnya.

Dirinya menekankan momen hari pahlawan menjadi ajang persatuan dan kesatuan kembali bangsa. Bima berpesan agar masyarakat tidak mudah dipecah belah, dan mau untuk saling membantu tanpa sekat-sekat. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep