25 radar bogor

Petani Hutan Cisangku Panen Pupuk Hayati Mikoriza, UNB Lakukan Pendampingan

UNB panen Mikoriza
Dukungan pengembangan Pupuk Hayati Mikoriza oleh para pihak: Petani Hutan, Dirjend PSKL KLHK, PT ANTAM Tbk, Muspika Desa Malasari, Tim Pengabdian UNB

BOGOR-RADAR BOGOR, Dalam rangka meningkatkan keberhasilan rehabilitasi lahan dan hutan dengan aplikasi pupuk hayati mikoriza, serangkaian kegiatan penyuluhan dan pelatihan kepada petani hutan Kampung Konservasi Cisangku, Desa Malasari, Kabupaten Bogor, dilaksanakan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Bangsa.

Baca Juga : Mahasiswa KKNT Universitas Nusa Bangsa Ajak Warga Gunakan Pestisida Nabati

Tim diketuai Dr. Luluk Setyaningsih, yang beranggotakan dua dosen, Nengsih Anen, Shut, MSi dan Dwi Agus Sasongko, SHut. MSi, serta dua mahasiswa Fakultas Kehutanan UNB, Azi Gunawan dan Siti Nurhayati. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tridharma Universitas Nusa Bangsa bidang pengabdian pada masyarakat, yang didukung pendanaanya oleh Dirjend Pendidikan Tinggi Ristek, Kementrian Pendidikan Nasional Ristek melalui hibah Pengabdian pada Masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat tahun 2022 (SK 092/E5/RA.00.PM/2022, 023/SP2H/PPM/LL4/2022, 053/Rek-UNB/SK/VI/2022) dalam program Pengembangan Pupuk Hayati Mikoriza oleh Petani Hutan untuk mendukung Rahabilitasi Lahan Hutan.

Sebelum kegiatan pemanenan pupuk hayati mikoriza (PHM) dilakukan, serangkaian kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan di antaranya, edukasi tentang karakter, manfaat mikoriza, pelatihan cara budidaya PHM dengan pembuatan demplot pengembangan PHM, dan pendampingan dalam perawatan kultur mikoriza. 

Setelah kultur dirawat selama lebih kurang 2.5 bulan, dan dilakukan analisa kualitas kultur mikoriza di Laboratorium Biotek Hutan, PPSHB, IPB, menunjukan perkembangan cukup baik, ditunjukan dengan keberadaan spora dan miselia fungi mikoriza yang cukup banyak. Pada bulan ke 3, dilakukan pemanenan sekaligus pelatihan aplikasinya pada semai tanaman hutan.

Pada kegiatan pemanenan pupuk hayati mikoriza, Rabu (5/10/2022), selain dihadiri oleh para petani hutan peserta pelatihan, Muspika Desa Malasari, juga berkenan hadir Dirjend Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK Dr. Bambang Supriyanto, yang didampingi Setdirjend PSKL Dr. Mahfud, serta dihadiri oleh jajaran CSR PT Antam Tbk. Octa. 

Pada kesempatan tersebut, Luluk Setyaningsih menyampaikan apresiasi kepada para petani hutan yang telah dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan pengembangan PHM hingga memperoleh hasil panen yang baik. 

“Sangat mungkin Petani Hutan Cisangku adalah kelompok tani hutan pertama di Indonesia yang berhasil mengembangkan pupuk hayati mikoriza. Selama ini pengembangan pupuk hayati mikoriza lebih banyak dilakukan oleh akademisi atau industri, sedangkan petani lebih sebagai pihak pengguna. Dengan keberhasilan petani hutan Cisangku dalam memproduksi PHM, kami semakin optimis, teknologi pengembangkan PHM akan lebih cepat tesebar luas dan lebih cepat mewujudkan peningkatan keberhasilan rehabilitasi lahan hutan,” ungkap Luluk.

Di tengah guyuran hujan, setelah pemanenan dilakukan di bedeng kultur mikoriza, para undangan dan petani hutan Cisangku tetap bersemangat menuju lokasi persemaian untuk mempraktikan cara mengaplikasikan PHM ke semai tanaman hutan.

Caranya mudah, hanya dengan membenamkan 5-10 gram PHM ke media tanam mendekati akar. Semoga mikoriza hasil produksi petani hutan Cisangku, yang sudah diinokulasikan akan terus bersimbiosis dengan tanaman hutan di sepanjang hidupnya.

Bak gayung bersambut, pada saat Ketua MKK Cisangku, Hendrik, dan Sekdes Malasari, menyampaikan bahwa sangat ingin ada tindak lanjut dari kegiatan pelatihan pengembangan PHM oleh UNB, dengan kegiatan pemasaran dan produksi PHM yang lebih intensif.

Dirjend PSKL, Dr. Bambang Supriyanto, juga menyampaikan akan memberikan bantuan sarana prasarana untuk scale up pengembangan PHM kepada petani hutan Cisangku melalui skema BangPeSoNa (Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara) Kementrian LHK. 

Baca Juga : Universitas Nusa Bangsa Terima Kunjungan Universitas Kebangsaan Malaysia, Jalin Sejumlah Kerjasama

Demikian juga PT Antam Tbk UBPE Pongkor yang selama ini telah memanfaatkan bibit tanaman hutan yang diproduksi Petani Hutan Cisangku, akan terus mendukung upaya pengembangan PHM, sehingga bibit tanaman yang digunakan untuk kegiatan reklamasi lahan semakin berkualitas. 

Tim Pengabdian UNB pun mengaminkan dan berharap kegiatan pengabdian yang telah dimulai oleh UNB dapat berlanjut hingga terwujud kemandirian petani hutan dan sekaligus meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan. (*/adv)

Editor : Yosep