25 radar bogor

Erick Thohir Pacu Kemampuan Kerja MES sampai tembus 22 Negara

Erick Thohir Ketua Umum MES
Erick Thohir Tingkatkan Kemampuan Kerja MES hingga tembus 22 Negara.

JAKARTA-RADAR BOGOR. Erick Thohir (Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah) Berkomitmen dalam memajukan Ekonomi Syariah Indonesia. MES berhasil merambah kepengurusan hingga tembus ke 22 negara berkat kinerja menteri BUMN ini.

BACA JUGA : Harga Minyak Mentah Dunia Melonjak 4 %, Pertamax Terancam Naik Lagi.

“Kami terus melakukan pelatihan, Intermediasi, dan Business Matching untuk mendorong ekspor produk halal. Awal tahun 2022 sudah dilakukan pelepasan ekspor kopi ke Oman, dan baru saja kemarin kopi ke Mesir dan rempah ke Ghana,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Minggu (9/10).

Hal ini, lanjutnya, bertujuan agar ekosistem industri halal Indonesia terbentuh hingga ke mancanegara. Bahkan, di awal tahun ekspor produk halal yakni kopi telah dilakukan ke Oman, Ghana dan Mesir.

Di samping itu, MES juga fokus mengembangkan industri halal dalam negeri. Salah satu programnya, kata Erick Thohir, adalah edukasi dan pendampingan sertifikasi produk halal, serta pelatihan pendamping proses produk halal.

BACA JUGA : Harga Logam Mulia Antam  Stagnan di tingkat Rp. 949.000 Per Gram

“Alhamdulillah sudah ada 729 UMKM binaan dan 160 pendamping PPH dari MES tahun ini. Kita juga terus mengembangkan ekosistem kawasan kuliner halal berbasis komunitas, budaya, dan kearifan lokal,” kata Erick.

Sebagai pilot project, Erick Thohir bersama MES juga menggandeng Kampung Batik Kauman Solo. Di mana piloting ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kuliner halal yang dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia. Mengingat Kota Solo memiliki potensi yang tinggi kemudian MES melakukan kerja sama agar menjadi daerah percontohan di Indonesia. (jpg)

Editor : Yosep/Ridwan PPL