Hadapi Palestina, Ini Tiga Skenario Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia

Timnas Indonesia U-17
Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Palestina di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (7/10/2022) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Palestina pada laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Jumat (7/10/2022) malam WIB.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-17 Cukur Guam 14-0, Bima : Kemenangan Ini untuk Korban Kanjuruhan

Timnas Indonesia U-17 dipastikan lolos ke Piala Asia U-17 2023 jika mampu mengalahkan Palestina, dan di laga lain UEA menang atas Malaysia atau berakhir imbang.

Andai Malaysia kalah, Timnas Indonesia U-17 dan UEA menempati posisi satu dan dua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan sembilan angka. Kemudian, Malaysia menempati posisi tiga dengan empat poin. Di tempet keempat ada Guam dengan satu angka dan Palestina dengan nol poin.

jika kondisi di atas terjadi, poin Timnas Indonesia U-17 dan UEA sama persis, plus skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-17– masih memiliki satu pertandingan lain kontra Malaysia pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Sesuai regulasi, ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin yang sama, head-to-head dijadikan tolok ukur utama. Dalam hal ini, Timnas Indonesia U-17 unggul head-to-head atas UEA karena menang 3-2 atas sang lawan pada Rabu, 5 Oktober 2022 malam WIB.

Setelah melawan Malaysia, UEA sudah tak bisa lagi menambah pundi-pundi poin mereka. Sebab, laga itu menjadi pertandingan terakhir UEA di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Bagaimana dengan Malaysia? Jika kalah dari UEA, Malaysia sudah tak mungkin merangsek ke posisi dua besar. Jika pun menang atas Timnas Indonesia U-17 di laga terakhir, poin maksimal Malaysia hanyalah tujuh angka.

Baca Juga : Menang 3-2 Atas UEA U-17, Timnas Indonesia U-17 Pimpin Klasemen Sementara Grup B

Syarat lainnya untuk kelolosan Timnas Indonesia U-17 adalah jika laga UEA dan Malaysia berakhir imbang. Dalam skenario ini, koleksi sembilan poin tidak akan mungkin terkejar dengan raihan tujuh poin oleh UEA dan maksimal delapan poin untuk Malaysia.

Karena itu, Timnas Indonesia U-17 dipastikan lolos ke Piala Asia U-17 2023 jika menang melawan Palestina, plus di laga lain UEA menang atas Malaysia. Menarik menanti jalannya dua laga di atas. (net)

Editor : Yosep

Berita Lainnya