25 radar bogor

Tingkatkan Kualifikasi Lulusan, Polbangtan Kementan Lakukan Sertifikasi

Polbangtan
Mahasiswa Polbangtan Bogor presentasi untuk dinyatakan Kompeten.

BOGOR – RADAR BOGOR, Polbangtan Bogor melaksanakan sertifikasi kopetensi penyuluhan pertanian diprodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) pada hari Senin hingga Rabu, 29-31 Agustus 2022 dengan jumlah peserta 44 mahasiswa.

Baca Juga : Tingkatkan Penyerapan Kerja, Polbangtan Bogor Hadirkan Puluhan Perusahaan pada Ajang Job Fair

Sertifikasi kali ini melibatkan peserta dari alumni yang tahun ini 2022 sudah wisuda diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilannya di daerah masing-masing untuk mewujudkan swasembada pangan ditahun 2024.

Ketua Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor, Arif Nindyo dalam sambutannya mengungkapkan mahasiswa harus biasa jadi contoh bagi petani di daerah, bagaimana bertani/berternak yang produktif dan menghasilkan nilai tambah.

“Penyuluh merupakan orang yang menunjukan inovasi, ide, dan informasi kepada pelaku usaha (petani/peternak) untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya,” tambahnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, menerangkan lebih lanjut mengenai hal itu.

“Kementan memberikan perhatian besar kepada seluruh Penyuluh Pertanian. Untuk itu, persiapkan sertifikasi sebaik mungkin agar hasilnya positif. Sebab, sertifikasi juga menjadi bukti kompetensi dan kualitas SDM pertanian untuk menjawab tantangan ke depan,” ungkap Dedi.

Dengan sertifikasi, diharapkan penyuluh pertanian dapat mendukung tercapainya 3 tujuan pembangunan yaitu menyediakan pangan bagi seluruh negeri, meningkatkan kesejahteraan petani, serta mendorong tercapainya ekspor 3 kali lipat sesuai dengan arahan Menteri Pertanian.

Meningkatnya produktivitas mahasiswa Polbangtan tidak lepas dari peran penyuluh pertanian. Penyuluh Pertanian menjadi tempat petani untuk berkonsultasi terkait permasalahan yang ditemui di lapangan. Oleh karena itu penting bagi penyuluh pertanian untuk memiliki sertifikat kompetensi sebagai pembuktian profesionalisme penyuluh.

Baca Juga : Sinergi Polbangtan Manokwari, Tanaman Endemik Papua Siap Mendunia

Penyuluhan pertanian sebagai bagian dari sistem pembangunan pertanian mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan sumberdaya manusia pertanian, khususnya pemberdayaan masyarakat tani yang berada di wilayah pedesaan.

Melalui kegiatan penyuluhan, dapat dikembangkan kemampuan dan kemandirian petani dan keluarganya, agar mampu mengelola usahataninya secara produktif, efektif dan efisien, sehingga mempunyai daya saing tinggi yang dicirikan dengan tingginya produktivitas, mutu dan efisiensi usaha. Seluruh peserta dinyatakan kompeten oleh asesor pada sertifikasi tahun ini. (*/adv)

Pewarta: Mulyana
Editor: Ardianinda Wisda