25 radar bogor

Usai Ditinjau Walikota, Warga Terdampak Bencana Direncanakan Mendapat Bantuan Hunian Sementara

Sejumlah lokasi yang terdampak bencana banjir dan longsor disambangi Walikota Bogor, Bima Arya pada Selasa (30/8).
Sejumlah lokasi yang terdampak bencana banjir dan longsor disambangi Walikota Bogor, Bima Arya pada Selasa (30/8).

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah lokasi yang terdampak bencana banjir dan longsor disambangi Walikota Bogor, Bima Arya, Selasa (30/8/2022). Terdapat 3 lokasi terdampak bencana yang ditinjau.

Lokasi pertama yakni korban banjir di Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara. Sebanyak 92 rumah di wilayah tersebut terendam banjir yang diakibatkan terhalangnya aliran Sungai Cibagoloh oleh longsoran tanah.

Bima juga mendatangi korban tembok runtuh di Kecamatan Tanah Sareal serta korban longsor di Warung Bandrek, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theo Patrocinio menjelaskan usai peninjauan Bima Arya mengarahkan agar lokasi yang terdampak bencana segera ditindak lanjuti dengan bantuan fisik.

Baca juga: Titik Kejadian Bencana Bertambah, BPBD : Kita Sudah Assestmen

“Misalnya warga yang rumah terdampak ditindaklanjuti dengan bantuan hunian sementara dan juga bantuan untuk penanganan ke depannya,” ujarnya.

Sedangkan bagi korban banjir, diutarakan Theo, pihak BPBD Kota Bogor akan berkoordinasi dengan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat untuk melakukan normalisasi sungai, pengangkatan puing longsor, serta perbaikan kawasan yang jebol.

“Apalagi musim hujan masih ekstrem, maka kalau hujan lagi akan kembali terdampak. Akan segera ada tindakan fisiknya agar warga tidak terkena imbas aliran air ini,” terangnya

Theo menyebut dalam tinjauannya tersebut Pemkot Bogor memberikan sejumlah bantuan kepada warga terdampak bencana. Di antaranya pemberian bantuan alat kebersihan, matras untuk mengganti kasur yang basah.

“Termasuk alat-alat sekolah, karena banyak yang ikut terendam. Bantuannya berupa buku dan seragam sekolah,” lengkap Theo. (cr1)

Editor: Rany