25 radar bogor

Manfaat Program Aplikasi HR untuk HRD, Karyawan dan Perusahaan

BOGOR-RADAR BOGORWajib tahu, karyawan, HRD dan manajemen perusahaan ini pentingnya menggunakan program Aplikasi HR untuk kebutuhan manajemen karyawan dan perusahaan. Baik Anda bergerak di bisnis kecil atau Perusahaan multinasional, hampir setiap organisasi akan mendapatkan manfaat program Aplikasi HR yang digunakan.

Dari merekrut bakat yang dibutuhkan dalam Perusahaan dan mengelola data karyawan, peran HRD telah berkembang menjadi membangun budaya, manajemen sumber daya strategis (perekrutan dan pengelolaan), pertumbuhan karir karyawan dan manajemen informasi yang lebih baik untuk membuat strategi Perusahaan yang luas.

Baik Anda adalah bisnis kecil atau Perusahaan multinasional, hampir setiap Perusahaan akan mendapatkan manfaat dari software HR dashboard. Seiring pertumbuhan bisnis, pengelolaan sumber daya manusia Perusahaan juga semakin rumit seiring dengan meningkatnya jumlah karyawan.

Baca juga: RIMBA Dampingi Generasi Muda Mengenal Potensi Alam dan Sumber Air Ciliwung!

Ada beberapa aspek program Aplikasi HR untuk bisnis kecil saat ini. Fungsi utama HRD adalah manajemen strategis, perencanaan tenaga kerja, dan pekerjaan, pelatihan dan pengembangan, perumusan kebijakan, dll. Untuk mencakup semua tugas HRD sehari-hari dan aktivitas terkait, Perusahaan membutuhkan beberapa manfaat program Aplikasi HR yang disediakan oleh program Aplikasi HR.

Sumber daya yang paling berharga dan penting di perusahaan Anda bukanlah gedung kantor atau gudang Anda, melainkan orang-orang yang bekerja di sana. Itulah mengapa masuk akal untuk menjaga karyawan Anda dan membantu mereka bekerja sebaik mungkin.

Program aplikasi HR membuat pengelolaan sumber daya manusia menjadi sederhana, menghemat banyak waktu Anda dan orang lain. Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengarungi admin manual dan Anda dapat fokus pada hal-hal yang membuat karyawan Anda senang dan fokus pada pekerjaan yang ada.

Baca juga: Dewan : Potensi PAD Kabupaten Bogor Disejumlah OPD Hilang

Apa saja sih aplikasi HR Indonesia yang membantu HRD menyelesaikan tugas? Berikut ulasanya untuk Anda.

  1. Software Absensi Online

Di masa pandemi ini, apakah kantormu masih melakukan WFO atau tetap bekerja dari rumah? Software absensi online adalah satu software yang sangat dibutuhkan HRD untuk menyelesaikan tugasnya dalam memantau dan mendata absensi karyawan. Selain untuk memantau performa kerja karyawan, software ini juga mempengaruhi kemudahan HRD untuk merekap data yang berguna untuk masalah penggajian.

Pun Aplikasi HR Indonesia ini adalah salah satu penerapan ESS atau Employee Self Service di kantor, dimana karyawan bisa melakukan layanan kantor secara mandiri. Misalnya mereka tidak menggunakan absensi yang berpaku pada kantor lagi seperti penggunaan fingerprint namun bisa secara mandiri menggunakan perangkat pribadi untuk absen.

Baca juga: Kejari Cium Praktek Korupsi di RSUD Bogor Utara, Kerugian Negara Capai Rp36 M

Software absensi online cukup membantu HRD karena memiliki satu dapur absensi yang menampilkan data keseluruhan karyawan secara digital, pun masalah keterlambatan atau izin dan cuti juga bisa dihandle dengan mudah menggunakan software absensi online ini. Pun software absensi online ini membantu absensi karyawan saat WFH sehingga cukup absen dari rumah menggunakan perangkat mereka, absen sudah bisa terinput dengan baik di data HRD.

Sehingga jika karyawan datang terlambat, izin, maupun lembur bisa diketahui dengan baik karena otomatis terinput di dapur absensi tersebut. Salah satu jenis software absensi online yang cukup populer dan banyak digunakan adalah software absensi online Mekari yakni software absensi online terpercaya dan banyak dipilih untuk menyelesaikan masalah absensi karyawan.

  1. Software Recruitment Karyawan

Aplikasi HR selanjutnya yang bisa membantu HRD untuk meringankan tugasnya adalah software recruitment karyawan. Sekarang ini melakukan recruitment karyawan bisa dilakukan secara online dengan mudah, ada banyak software yang mendukung HRD untuk melakukan recruitment online ini. Misalnya Jobstreet, Linkedin maupun Glints. Ini adalah software untuk menyampaikan lowongan kerja kepada masyarakat umum secara online dari sini HRD bisa lebih mudah untuk melakukan pengecekan kepada pelamar.

Sekarang fitur yang diberikan software lowongan kerja ini cukup lengkap, informasi data diri, pengalaman, pendidikan, informasi pengalaman kerja pelamar bisa diketahui dengan mudah. Menggunakan software recruitment ini, HRD bisa mendapatkan kandidat terbaik dengan mudah berdasarkan informasi dari akun dan CV pelamar secara online tersebut. Tidak perlu membuka kertas lamaran satu persatu karena lamaran bisa diakses dan di periksa melalui layar komputer saja.

Baca juga: Waspada! Kawasan Puncak Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

Untuk masalah wawancara pelamar pun juga bisa dilakukan secara online menggunakan software video online seperti Google Meet maupun Zoom, sehingga HRD bisa menemukan kandidat yang tepat tanpa perlu bertatap muka langsung.

Cara ini banyak digunakan di masa pandemi seperti ini untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 sehingga melakukan recruitment karyawan menggunakan media online. Apakah kamu sudah pernah menggunakan layanan online ini untuk proses rekrutmen karyawan di kantor?

  1. Software Payroll

Software payroll adalah software penggajian karyawan yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Software payroll adalah software yang bisa dipilih untuk memudahkan kinerja HRD sehingga untuk masalah penggajian yang rumit bisa di handle dengan baik.

Masalah penggajian karyawan ini sangat tergantung dengan potongan dan absensi karyawan sehingga sistem payroll harus terintegrasi dengan software absensi online agar bisa otomatis memberikan informasi soal absensi karyawan jadi potongan, denda, bonus, dan lain-lain bisa langsung otomatis terhitung menjadi hasil akhirnya.

Baca juga: Simpang Ciawi Terendam Banjir Saat Hujan, Ternyata Ini Penyebabnya

Software payroll ini memudahkan HRD setiap bulannya apalagi untuk mengurus penggajian karyawan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan karyawan akan cukup rumit. Dengan software payroll ini tugas mudah, cepat dan menghemat waktu dengan baik.

  1. Software Meeting Online

HRD pastinya banyak memiliki agenda rapat baik dengan atasan maupun dengan karyawan perusahaan untuk berkoordinasi untuk masalah pekerjaan. Di masa pandemi ini, untuk memudahkan rapat kerja ada software meeting online yang membantu HRD untuk tetap bisa meeting dengan siapa saja dengan mudah. Beberapa jenis software meeting yang bisa dimanfaatkan adalah zoom dan google meet. Meeting masalah masalah kerja dan karyawan pun bisa  dilakukan dengan mudah dan cepat.

Software meeting ini juga bisa dibuat berjadwal sehingga jika memiliki banyak agenda meeting, ada pengingat yang bisa membantu untuk mengingatkan jadwal meeting. Baik meeting kecil maupun meeting untuk ukuran besar, menggunakan software meeting online ini bisa dilakukan dengan mudah.

5 Manfaat Teratas Menggunakan Program Aplikasi HR

  1. Penyederhanaan Proses dan Alur Kerja

Dengan Program Aplikasi HR, Perusahaan telah menetapkan hierarki, peran dan izin pengguna ditentukan dengan jelas sehingga setiap pengguna mengetahui peran mereka. Ini membantu dalam merampingkan proses internal.

  1. Mengurangi Kertas

Program Aplikasi HR menghilangkan banyak dokumen, ini membantu menstandarkan proses yang terkait dengan informasi karyawan seperti riwayat pekerjaan, Informasi pribadi, pengelolaan rekrutmen karyawan, pendidikan, informasi payroll gaji, dll. Ini juga menghemat waktu dengan mengumpulkan dan menyimpan semua informasi di satu tempat. Software HRD membantu melindungi informasi pribadi baik dari peretas dan pengguna yang tidak sah dengan mengenkripsinya.

  1. Sistem Penggajian

Software HRD menawarkan cara yang lebih aman untuk memproses gaji dengan mengamankan jenis data ini dengan otorisasi kata sandi dan menyimpan informasi. Dari onboarding hingga Full dan proses terakhir, sistem penggajian dan manajemen biaya yang lengkap untuk HRD. Pemrosesan pembayaran untuk perjalanan dinas, gaji, bonus, dan banyak biaya lainnya.

  1. On-boarding dan Employee Self-service

On-boarding joiner baru dengan portal self-service karyawan untuk mengelola (menambah/mengedit) informasi pribadi dan profesional mereka. Dengan Program Aplikasi HR, seorang karyawan dapat memeriksa cuti, kalender liburan, cuti dari karyawan lain, kemampuan untuk menambahkan/mengedit detail pekerjaan baik dari rumah atau dari lokasi klien, menambahkan/mengedit detail tentang penggantian mereka, mereka dapat melakukannya sendiri.

  1. Efisiensi karyawan

Tentukan KPI dan ukur seberapa efektif kinerja karyawan dan pencapaian target mereka. Dengan bantuan Program Aplikasi HR, Perusahaan bisa mendapatkan feedback secara real time. Pemantauan konstan terhadap data terkait kinerja kemungkinan akan berdampak positif terhadap kinerja karyawan. Data masa lalu juga dapat memberikan wawasan strategis tentang kompensasi, penghargaan / insentif, dan perencanaan tujuan profesional di masa depan.

  1. Penilaian Kinerja Secara Real Time dan Akurat

Salah satu tugas HR adalah menilai kinerja karyawan. Penilaian sebelumnya melibatkan dokumen yang tak ada habisnya dan membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan data.

Dengan perangkat lunak hr system, kinerja karyawan dilacak secara otomatis dalam waktu nyata. Analisis data memanfaatkan dasbor dan laporan bawaan serta pembelajaran mesin. Solusi hr system membantu tim HR menerapkan sistem baru yang tepat atau memberikan pelatihan tambahan hanya dalam hitungan jam.

  1. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Sistem aplikasi hr system memanfaatkan data besar dan teknologi seluler untuk melibatkan karyawan. Misalnya, hanya dalam hitungan menit, HR dapat mengirimkan survey pulsa kepada karyawan untuk mengumpulkan umpan balik tentang bagaimana perusahaan dapat melayani mereka dengan lebih baik. Sistem hr system juga dapat membantu melacak jam, dan mengelola penggajian karyawan.

Tanpa pertanyaan, tim HR telah belajar selama dekade terakhir bahwa keterlibatan karyawan adalah sumber keunggulan kompetitif yang penting. Keterlibatan mendorong tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, berbagi pengetahuan, minat dari pelamar baru, dan kelincahan bisnis. Jika digunakan secara efektif, perangkat lunak SDM dapat digunakan untuk membantu memanusiakan tempat kerja dan meningkatkan retensi jangka panjang.

  1. Akses informasi 24/7

Perangkat lunak hr system memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi penting tentang gaji dan tunjangan mereka kapan saja, di mana saja. Mereka dapat dengan mudah melihat berapa banyak gaji, pajak, dan banyak lagi.

Dengan sistem SDM yang lebih kuno, karyawan biasanya mengakses informasi SDM melalui sistem telepon. Cara ini tidak bisa tersedia setiap saat dan memakan waktu yang lebih lama. Dengan adanya sistem Cloud, tentu akan mempermudah untuk mengakses informasi tersebut.

Sistem hr system juga memudahkan karyawan untuk mengubah pengaturan gaji dan tunjangan. Seorang karyawan yang menggunakan sistem HR cloud dapat mengatur setoran langsung, mengubah asuransi kesehatan mereka, dan lainnya tanpa bantuan dari profesional HR.

Software HRD yang sangat scalable dan mudah diakses memungkinkan personel HRD untuk mengotomatiskan seluruh Operasi HRD dengan beberapa klik. Tetap terhubung dengan manajemen dan kolega Anda dan lakukan tindakan dari mana saja dan kapan saja.

Kesimpulannya manfaat program Aplikasi HR dapat merampingkan aktivitas HRD sehari-hari seperti perekrutan dan orientasi karyawan, mengelola data karyawan, sistem manajemen cuti, reimbursement dan penggajian.

Ada 8 manfaat utama program Aplikasi HR yang dapat Anda nikmati, Anda harus mencobanya sendiri, cobalah Program Aplikasi HR Talenta by Mekari yang dirancang untuk program Aplikasi HR yang memudahkan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan payroll gaji dan penghitungan PPh, pencatatan proses mutasi, serta pengelolaan rekrutmen karyawan. Download di link berikut https://www.talenta.co/ untuk dapatkan gratis akses selama 14 hari.

Editor: Rany